FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 10-2020

    2473

    Menkominfo: Sediakan Akses Internet, Dukung Layanan Kesehatan Daerah 3T

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Akselerasi Penyediaan Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit di Indonesia dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, di Media Center KCPEN Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/10/2020). - (AYH)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan komitmen pemerintah dalam melakukan akselerasi penyediaan akses internet untuk fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di seluruh Indonesia, terutama di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

    “Hal ini merupakan prioritas yang perlu dilakukan untuk percepatan penanganan Covid-19, khususnya dalam tiga agenda utama,” ujarnya dalam Konferensi Pers Akselerasi Penyediaan Akses Internet di Puskesmas dan Rumah Sakit di Indonesia dalam Rangka Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, di Media Center KCPEN Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (14/10/2020).

    Menurut Menteri Kominfo tiga agenda tersebut meliputi optimalisasi telekomunikasi antar dan intra fasyankes, peningkatan kualitas arus data fasyankes, serta pemanfaatan aplikasi kesehatan berbasis digital khususnya di daerah-daerah 3T.

    “Layanan akses internet ini akan mencakup rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang belum memiliki akses internet, atau yang sudah tersedia tetapi fasilitasnya atau layanannya belum memadai,” ujarnya.

    Mengacu pada data Kementerian Kesehatan, Menteri Johnny mengatakan bahwa hingga 31 Desember 2019 masih terdapat 2.877 rumah sakit dan 10.134 puskesmas di Indonesia dengan total keseluruhan 13.011 fasyankes.

    Menteri Kominfo menjelaskan, BLU (Badan Layanan Umum) BAKTI Kominfo telah mengidentifikasi diantara 13.011 fasyankes tersebut, masih terdapat 3.126 fasyankes yang membutuhkan optimalisasi layanan internet.

    “Dari 3.126 titik tersebut di tahun 2019, BAKTI Kominfo telah menyediakan akses internet di 226 titik fasilitas layanan kesehatan. Sedangkan pada tahun 2020 ini, melalui kerjasama dengan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), BLU BAKTI Kominfo akan melakukan percepatan pembangunan akses internet di 2.192 fasilitas layanan kesehatan,” jelasnya.  

    Sementara sisa fasilitas layanan kesehatan sebanyak 708 akan diselesaikan pada kuartal I tahun 2021, “Atau dengan kata lain 3.126 titik layanan itu dibagi di dalam tiga tahap. Tahap yang pertama di tahun 2020 ini,dan  tahap yang kedua (sejumlah) 2.192 itu akan dibangun di kuartal keempat atau mulai sekarang sampai dengan Desember tahun 2020 dan sisanya pada kuartal pertama tahun 2021 sebanyak 708 layanan kesehatan,” imbuhnya.

    Dalam kesempatan itu, Menteri Kominfo didampingi Direktur Utama BAKTI Kominfo Anang Latief, Dewan BAKTI Kominfo Zulfan Lindan, dan Staf Khusus Bidang Digital dan SDM Dedy Permadi.

    Berita Terkait

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA