FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 10-2020

    955

    UMKM Dorong RI Jadi Raksasa Ekonomi Digital Dunia

    Kategori Sorotan Media | Viska

    Jakarta: Anggota Komisi I DPR Hillary Brigitta Lasut mengatakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku ekonomi terbesar di Indonesia dengan kontribusi sebanyak 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

    Terkait hal tersebut, UMKM perlu berbenah diri. Adaptasi teknologi dengan memanfaatkan platform belanja daring (e-commerce) harus dilakukan demi menunjang bisnis UMKM. Jika hal tersebut terealisasi, bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi raksasa ekonomi dunia.

    "Ekonomi digital Indonesia bakal meraksasa apabila potensi UMKM bisa diangkat melalui platform digital dan perdagangan elektronik," ujar Brigitta dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Menurut Brigitta, di tengah masa pandemi covid 19, pelaku UMKM perlu dukungan. Dukungan tersebut bisa dilakukan melalui program dan inovasi yang dapat menyokong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

    "Contohnya seperti Shopee, salah satu penyedia e-commerce terbesar dalam waktu empat tahun ini juga turut andil dalam pembinaan 40 ribu UMKM melalui program dan inovasi pendukungnya," paparnya.

    Pembinaan yang dimaksud dengan pembenahan kualitas produk dan peningkatan keahlian Sumber Daya Manusia (SDM). Di samping itu, perlu sinergitas antara instansi pemerintah dengan pelaku e-commerce guna mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

    "Hal tersebut bisa dilihat dari upaya pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bekerja sama dengan kementerian, lembaga, dan instansi lain termasuk para pemain e-commerce dalam mendorong pelaku UMKM agar bisa berjualan melalui platform digital," terang dia.

    Dengan begitu, pelaku UMKM memiliki peluang untuk memperbesar bisnis maupun produk yang dihasilkan, serta pemasaranya ke daerah lain. Selain itu, dukungan pemerintah pun terlihat melalui Kemenkominfo dengan program digital talent scholarship atau beasiswa pelatihan intensif bagi masyarakat. Kegiatan tersebut guna mendukung SDM menuju era industri digital.

    "Program ini sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, perkembangan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuka lapangan kerja baru, mengentaskan kemiskinan, mengembangkan inklusi keuangan, dan memperluas akses modal bagi UMKM," tegas Brigitta.

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo mengajak para pelaku UMKM percaya diri untuk menjajakan produknya dalam ruang digital melalui aplikasi pasar daring (marketplace). Dengan menggunakan medium tersebut, ia yakin dapat memperluas cakupan pemasaran produk yang dihasilkan.

    Widodo menegaskan bahwa para pelaku UMKM harus merespons berbagai pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi yang telah dibangun oleh pemerintah secara positif. Caranya, menggunakan teknologi daring dengan optimal sebagai medium alternatif dalam menjajakan setiap produk yang telah dihasilkan.

    Pasalnya pemerintah telah banyak membangun infrastruktur jaringan di berbagai wilayah dengan tujuan seluruh pelosok Indonesia agar dapat mengakses internet yang berkualitas. Pihaknya menargetkan, paling lambat pada 2022 seluruh Indonesia dapat mengakses internet jaringan 4G.

    "Pelaku UMKM harus siap merespons perluasan akses telekomunikasi yang dilakukan Kominfo dengan optimal," harapnya.

    Dengan melakukan hal tersebut, Widodo meyakini UMKM dalam negeri dapat mengembangkan diri menjadi lebih besar dengan waktu yang relatif lebih cepat daripada melalui konvensional. Peluang produk lebih laku melalui pasar daring sangat besar, karena cakupannya dapat mencapai ranah nasional hingga luar negeri.

    "UMKM akan bisa tumbuh lebih cepat karena ada pemanfaatan teknologi digital ini," pungkas Widodo. (DEV)

    Pewarta : Husen Miftahudin

    Sumber: https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/1bV2E2Qb-umkm-dorong-ri-jadi-raksasa-ekonomi-digital-dunia

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    Anggota DPR apresiasi Kemkominfo majukan ekonomi digital di Indonesia

    Anggota Komisi I DPR RI Toriq Hidayat mengapresiasi berbagai langkah yang telah dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemko Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA