FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 10-2020

    1199

    Menkominfo RI Dukung Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Pariwisata Desa Pagerharjo Kulon Progo

    Kategori Sorotan Media | Viska
    enyerahan bantuan akses internet dari Menkominfo RI Johnny G Plate kepada pelaku UMKM di Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo. - (Tribunjogja/ Sri Cahyani Putri)

    TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G. Plate melakukan kunjungan kerja dalam mendukung infrastruktur telekomunikasi di wilayah pariwisata Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo.

    Dalam kunjungannya, Menkominfo RI menyerahkan bantuan akses internet untuk Kelurahan Pagerharjo. Selain itu, ia juga melihat hasil produk dari pelaku UMKM di Desa Pagerharjo.

    Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Jonny G Plate mengatakan pihaknya telah melakukan pendataan di seluruh Indonesia dan ditemukan masih banyak desa/Kalurahan yang belum tersedia sinyal 4G.

    Untuk itu perlu dihadirkan jaringan sinyal 4G yang akan dibagi ke dalam 2 kelompok atau kategori yakni kategori 3T yang dibangun oleh BAKTI sebanyak 9.130 desa yang tersebar di seluruh Indonesia dan sisanya 3.435 desa di luar 3T dibangun operator seluler.

    "Saya harapkan semuanya bisa diselesaikan pada 2022 mendatang. Dengan demikian 823 ribu lebih desa di Indonesia akan terlayani dengan sinyal 4G sehingga akan menjadi pondasi kuat dalam rangka transformasi digital khususnya ekonomi digital," ucapnya Jumat (16/10/2020).

    Oleh sebab itu, ekonomi daerah dari hasil karya produktif di daerah-daerah bisa masuk ke market place melalui platform digital. Dengan demikian akan mendorong ekonomi UMKM ultra mikro, koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sebab, UMKM dan koperasi penyumbang 60 persen ekonomi Indonesia. Sehingga dengan memperkuat UMKM berarti memperkuat 60 persen dari kontribusi produk domestik bruto (PDB) nasional.

    "Karena dalam keadaan krisis seperti ini akibat dampak Covid-19 sektor UMKM dan koperasi ternyata cukup kuat dan diharapkan terus meningkat karena UMKM juga menjadi penyumbang tenaga kerja yang besar," katanya.

    Direktur BAKTI Kementerian Kominfo, Anang Latif mengatakan selain meninjau kebutuhan akses telekomunikasi juga dilakukan pemetakan lebih lanjut kebutuhan akses internet di DI Yogyakarta. "Meskipun bukan daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) DIY secara geografis masih menyimpan daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh sinyal," ucapnya.

    Ia menyebut, daerah seperti di SD Pangudi Luhur Gejlik yang terletak di kelurahan Banjarasri serta Pesantren Al Falah di Kalurahan Ngargosari, Kulon Progo. Kedua tempat tersebut akan dibantu layanan akses internetnya agar jangkauan telekomunikasi terutama di fasilitas publik dapat semakin dirasakan oleh masyarakat setempat.

    "Hingga saat ini sudah terdapat 25 titik layanan akses internet BAKTI di DIY yang umumnya yang digelar di lokasi-lokasi pendidikan, kantor pemerintahan, desa wisata dan layanan publik. Kunjungan ini akan memetakan lebih lanjut kebutuhan akses internet dalam rangka mendukung destinasi wisata di kawasan ini," tuturnya. (scp)

    Pewarta: Sri Cahyani Putri

    Sumber: https://jogja.tribunnews.com/2020/10/16/menkominfo-ri-dukung-infrastruktur-telekomunikasi-di-wilayah-pariwisata-desa-pagerharjo-kulon-progo

    Berita Terkait

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kominfo Dukung Langkah KPU Tingkatkan Infrastruktur Teknologi Informasi

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pembenahan di pusat maupun daerah guna mendukung lancarnya Pemilihan Serentak 2020. Pembenahan tersebu Selengkapnya

    Menkominfo: Keterbukaan informasi jadi modal pemerintahan digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keterbukaan informasi publik menjadi modal untuk mewujudkan pemerintahan digit Selengkapnya

    Kominfo Bangun Infrastruktur Digital di 41 Desa di DIY

    KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan perhatian yang serius pembangunan infrastruktur digital di Daerah Istimewa Yogya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA