FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 10-2020

    225

    [DISINFORMASI] Disinfektan dan Hand Sanitizer yang Mudah Terbakar Sebabkan Keluarga di Sumut Ini Tewas

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar informasi di media sosial Facebook klaim bahwa satu keluarga di Sumatera Utara tewas terbakar setelah tubuh mereka disemprot dengan disinfektan. Menurut klaim tersebut, setelah bepergian ke sebuah restoran, mereka menyemprot tubuh mereka dengan disinfektan. Si ayah pun menyalakan korek api untuk merokok. Namun, api menyambar tubuh mereka yang baru saja disemprot disinfektan.

    Dilansir dariTempo.co, klaim bahwa ada satu keluarga di Sumut yang tewas terbakar setelah tubuh mereka disemprot disinfektan, tidak terbukti. Keluarga tersebut merupakan korban kebakaran rumah yang juga menjadi gudang tabung gas elpiji di Pematangsiantar, Sumut. Menurut saksi mata, setelah api menyambar, pemilik rumah masih sempat membuka gerbang dan mengeluarkan salah satu mobil miliknya. Namun, hingga kini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran itu. Disinfektan dan hand sanitizer yang mengandung alkohol memang mudah terbakar. Namun, alkohol menguap dengan cepat ketika diaplikasikan pada kulit. Menurut CDC, kejadian kebakaran yang terkait dengan hand sanitizer berbasis alkohol sangat rendah. Meskipun begitu, hand sanitizer berbasis alkohol tetap harus disimpan dengan benar.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/1065/fakta-atau-hoaks-benarkah-disinfektan-dan-hand-sanitizer-yang-mudah-terbakar-sebabkan-keluarga-di-sumut-ini-tewas

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Mengonsumsi Bawang Putih, Bawang Bombai, dan Jeruk Nipis yang Dihaluskan Bisa Sembuhkan Gagal Ginjal

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 AstraZeneca Gunakan Jaringan Janin Aborsi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] 5 Dokter Meninggal Dunia karena Covid-19 pada 18 November 2020

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Gus Yaqut Perintahkan Banser Lawan Rizieq Shihab

    Selengkapnya