FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 11-2020

    831

    Kecerdasan Buatan Dukung Layanan Kesehatan Saat Pandemi

    Kategori Sorotan Media | Viska
    Foto: ilustrasi kecerdasan buatan (Flickr)

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa kecerdasan buatan (artificial intelegence/AI) juga memiliki peran untuk mendukung fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di masa pandemi. Peran penting dari kecerdasan buatan ini kemudian mengarahkan pemerintah untuk membuat Kebijakan Satu Data.

    Hal ini agar data yang dihasilkan mempunyai interoperabilitas yang tinggi. Artinya data yang dihasilkan dapat di akses atau dibagikan antar sistem elektronik yang saling berintegrasi secara langsung.

    "Terdapat 24.700 lebih aplikasi pemerintah di Indonesia. Kita butuh Kebijakan Satu Data untuk COVID, dan Kominfo lakukan kegiatan interoperabilitas data," kata Menteri Johnny melalui diskusi daring, Rabu (4/11).

    "Jadi, data Dukcapil, Kementerian Kesehatan, Kominfo, datanya diintegrasikan dan disampaikan publik, dan ini semua pake AI untuk counting-nya," ujarnya menambahkan.

    Menkominfo mengatakan bahwa input data yang benar secara reguler, akan masuk ke satu sistem dengan cepat dan tepat. Dengan begitu, tidak ada tumpang-tindih informasi antara satu K/L dengan lainnya.

    "Ini yang terjadi di awal-awal (pandemi) dulu, dan mengakibatkan kebingungan. Pemerintah lalu lakukan penyesuaian dan bisa di-manage dengan baik," kata dia.

    Redaktur: Dwi Murdaningsih

    Sumber: https://republika.co.id/berita/qj9z0e368/kecerdasan-buatan-dukung-layanan-kesehatan-saat-pandemi

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    UMKM Didorong Berbasis Digital di Era Pandemi

    Di masa pandemi, pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah perlu berpindah ke ruang digital agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas, ba Selengkapnya

    Pemilih Cerdas, Sehat, dan Damai: Kunci Keberhasilan Pemilihan Serentak 2020

    Pemilihan Serentak 2020 akan dilaksanakan di 270 tempat terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota pada 9 Desember 2020. Sebelumnya, Selengkapnya

    Kominfo dukung penyandang disabilitas terlibat dalam ekonomi digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyediakan pelatihan bagi para penyandang disabilitas untuk mendorong keterlibatan m Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA