FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 11-2020

    1123

    Kolaborasi Kominfo-PT Tingkatkan Kompetensi Digital EksPMI

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika melibatkan perguruan tinggi untuk menyiapkan talenta digital yang kompeten.  Kolaborasi itu menurut Plt. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM akan bisa memperkuat sektor ekonomi digital yang menjadi perhatian pemerintah, termasuk para eks pekerja migran Indonesia.

    “Ini adalah acara yang sangat bagus sekali di mana kolaborasi antara pemerintah dan perguruan tinggi untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat,” ujarnya ketika menyampaikan materi Implementasi Digital Enterpreneur dalam Meningkatkan Ekonomi Desa dari Jakarta, Senin (16/11/2020).

    Dalam Pembukaan Pelatihan Thematic Academy untuk EksPMI Program Digital Talent Scholarship 2020 itu, Plt. Kepala Badan Litbang SDM, menyatakan saat ini sudah menjadi rahasia umum bahwa ekonomi digital sedang berkembang sesuai prediksi berbagai lembaga bahwa Indonesia menjadi negara kelima dengan tingkat ekonomi digital terbesar di dunia. 

    “Itu adalah prediksi, tapi kalau tidak disiapkan itu tidak akan terjadi. Kenapa bisa diprediksi? Itu karena ada kemampuan sumberdaya yang kita miliki yang sangat besar. Indonesia akan memiliki SDM yang besar di tahun 2030 tepatnya di masa puncak demografi. Tapi bonus demografi ini perlu disiapkan dengan baik,” jelasnya.

    Menurut Plt. Kepala Badan Litbang Semuel hal yang perlu disiapkan adalah penyerapan talenta digital. Pemerintah menyiapkan berbagai upaya agar tenaga pekerjaan terutama bagi mereka yang bergerak di sektor UMKM.

    “UMKM menjadi tulang punggung dalam ekonomi digital ke depannya dan UMKM selalu menjadi pendukung, sama seperti resesi waktu tahun 1998 hanya UMKM lah yang bisa menyelamatkan Indonesia,” ujarnya.

    Berkaca dari upaya bangkit akibat resesi 1998 yang ditopang oleh UMKM, pandemi Covid-19 menurut Plt. Kepala Badan Litbang SDM juga mengakibatkan resesi di berbagai belahan negara membutuhkan peran penting UMKM. 

    "Oleh karena itu, menyiapkan kapasitas talenta digital dan memperkuat sektor ekonomi digital menjadi perhatian serius pemerintah saat ini. Ini bukan hanya di Indonesia, semua negara melihat bahwa memang peran UMKM ini sangat penting,” tandasnya.

    Pelatihan Thematic Academy bertema “Pelatihan Digitalisasi dan Pemasaran Produk Kelompok Eks Pekerja Migram”, merupakan salah satu akademi dalam Program Digital Talent Scholarship Kementerian Kominfo. Acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Kominfo dan Universitas Jenderal Sudirman, Jawa Tengah yang melatih eksPMI di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

    Pelatihan berlangsung selama lima hari dengan materi yang terbagi dalam tiga klaster yaitu Digitalisasi Manajemen, Keuangan dan Akuntansi; Komunikasi Pemasaran Digital dan Pengembangan Produk Inovatif Kelompok Ekonomi Berbasis Digital. 

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA