FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 11-2020

    850

    Lewat Jarkom, Kominfo Perkuat Peran Humas Pemerintah

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo – Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya membenahi kualitas informasi  kebijakan dan penyelenggaraan tugas pemerintahan. Melalui pelaksanaan Jadi Pintar Bareng Kominfonewsroom” (Jarkom) Volume II, Ditjen IKP berupaya memperkuat peran humas pemerintah dalam memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat tentang apa yang telah dan akan dilakukan pemerintah.

    “Maka itu peran humas pemerintah atau Government Public Relation (GPR) bagi lembaga pemerintahan sangat besar. Khususnya terkait pemenuhan hak publik terhadap informasi,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) IKP Sumiati saat mewakili Dirjen IKP membuka sesi ketiga dari 5 sesi rangkaian pelatihan jurnalistik Kominfonewsroom dari Jakarta, Rabu (18/11/2020).

    Penguatan fungsi GPR itu, menurut Sumiati telah ditegaskan Presiden Joko Widodo melalui instruksi nomor 9 Tahun 2015 agar para Menteri, Kepala Lembaga Non Kementerian, Gubernur, dan Bupati/Wali Kota, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi dan kewenangan dari masing-masing K/L dalam rangka mendukung pelaksanakan komunikasi publik. 

    “Rangkaian Jarkom ini menjadi salah satu penguatan fungsi GPR yang dilakukan Ditjen IKP,” kata Sumiati kepada peserta Jarkom yang berasal dari seluruh Indonesia dan digelar dalam jaringan (daring) serta siaran langsung di chanel youtube DJIKP tersebut .

    Diseminasi informasi dikatakan Sesditjen IKP dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kanal-kanal diseminasi yang dimiliki pemerintah pusat mapun daerah. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo mengelola beberapa kanal media dalam wadah “Kominfo Newsroom” yaitu Indonesia Baik, Indonesia.go.id, Infopublik.id, GPRTV, Komik Komunika, Jurnal Dialog, Majalah GPRNews dan FMB9.

    “Media-media ini digunakan untuk menyebarluaskan informasi program pemerintah, kebijakan pemerintah, capaian dan informasi strategis. Diharapkan publik mendapat pemahaman yang utuh dan informasi yang positif,” kata Sesditjen IKP.

    Pada kesempatan tersebut, Sesditjen Sumiati menegaskan bahwa peningkatan SDM menjadi fokus utama dalam pengelolaan komunikasi publik khsusnya kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN). SDM yang berada di kementerian/lembaga dan daerah dapat bersinergi dengan berbagai kanal yang dimiliki Direktorat Pengelolaan Media, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik.

    Maka pelatihan jurnalistik untuk ASN Jarkom ini diharapkan menghasilkan SDM handal dan kreatif dalam membuat konten positif baik itu dalam bentuk berita teks, berita foto, video, dan infografis serta manajemen pengelolaan media pemerintah yang baik.

    Sesi ketiga Jarkom ini fokus pada tips dan trik mengelola konten media sosial. Dimulai dari bagaimana etika penggunaan asset grafis, audio maupun audio visual, lalu bagaimana membuat copywriting atau naskah konten media sosial, hingga praktek membuat infografis menggunakan aplikasi secara daring. Menghadirkan narasumber Danang Firmansyah dari Komik Komunika, Edy Pang dari Indonesiabaik serta Kezia Maharani Sutikno dari Tirto.id, pelatihan berlangsung interaktif diikuti sekitar 120 peserta yang merupakan pejuang informasi dari instansi pemerintah pusat dan daerah. 

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA