FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 12-2020

    812

    Purworejo, Kasus Covid-19 Tertinggi di Jawa Tengah? Awas Disinformasi!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Dalam media sisial beredar gambar tabel yang diklaim sebagai data "The highest covid case". Konten itu tersebar dengan narasi yang mengklaim bahwa Kabupaten Purworejo merupakan kabupaten dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di Jawa Tengah.

    Hasil penelusuran fakta Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan bahwa, klaim itu salah. Pasalnya tidak sesuai dengan data Covid-19 yang dimiliki Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Data Pemerintah Indonesia.

    Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo mengklarifikasi bahwa saat ini jumlah kasus Covid-19 di kabupaten Purworejo relatif terkendali dan secara kumulatif bukan berada pada posisi tertinggi di Jawa Tengah, Purworejo sendiri sudah masuk kategori orange, dengan risiko sedang.

    Adapun tabel gambar yang diklaim sebagai "The highest covid case" sesungguhnya tabel Grafik Rate of Transmission kasus Covid-19 yang didasarkan pada rata-rata penyebaran kasus dari satu orang ke orang yang lainnya hasil testing dan tracing dalam penanganan pandemi Covid-19.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Jumat (25/12/2020):

    1. Purworejo Kabupaten dengan Kasus Covid-19 Tertinggi di Jawa Tengah, dan Keempat Tertinggi di Indonesia
    2. Kebijakan Lockdown dan Menjaga Jarak Merupakan Strategi untuk Mencegah Revolusi

    Berita Terkait

    Beredar Beras Plastik di Malinau Kaltara? Awas Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta yang dilansir dari cekfakta.tempo.co, belum ada hasil penel Selengkapnya

    Pemberangkatan Pasukan TNI ke Palestina? Itu Disinformasi!

    Konon pemberangkatan pasukan TNI tersebut dikaitkan dengan perang yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina. Selengkapnya

    Sejuta Ton Beras Sintetis Beracun Asal Cina Beredar di Bukittinggi, Awas Disinformasi!

    Barang yang dibongkar dari kapal adalah beras yang diimpor oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) dari Vietnam, bukan Cina. Selengkapnya

    Bahaya Vaksin Covid-19 pada Organ Jantung Manusia, Itu Disinformasi!

    Klaim yang menyebutkan bahaya Vaksin Covid-19 pada organ jantung manusia adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA