FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 01-2021

    937

    Dukung Produk Lokal dengan Membeli dan Mempromosikan

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah mengajak masyarakat untuk mendukung produk lokal dengan melakukan pembelian dan promosi. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hal itu bisa dilakukan dalam setiap aktivitas keseharian.

    “Kita semua harus bangga menggunakan produk lokal di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk aktivitas kebugaran tubuh seperti bersepeda,” tutur dalam acara ‘Kembali Bersepeda untuk Indonesia Sehat dan Maju’ yang digelar Kementerian Perhubungan di Jakarta, Minggu (17/01/2021).

    Hadir secara virtual, Menko Luhut ikut serta memeriahkan acara bersepeda sekaligus pameran produk sepeda lokal yang dilaksanakan secara daring dan luring di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021.

    “Tentu kita tidak berhenti sampai di sini. Yang lebih penting lagi adalah aksi nyata kita mendukung dengan membeli produk-produk lokal. Semua dimulai dari kita, yang harus lebih dulu membeli, dan dengan bangga mempromosikan kepada rekan-rekan. Di sinilah semangat gotong-royong diwujudkan,” papar Menko Luhut.

    “Pada acara ini dipamerkan berbagai produk UMKM, terutama sepeda konvensional, sepeda listrik dan sepeda motor listrik buatan Indonesia. Kita mampu membuat desain-desain sesuai gaya hidup masyarakat, tentu ini sangat relevan. Selain itu, sebagai tuan rumah, kami mengupayakan agar tempat-tempat konektivitas dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kegiatan Gernas BBI pada bulan ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang berkesempatan meninjau lokasi pameran di Gambir.

    Acara yang berlangsung dari tanggal 17 s.d. 31 Januari 2021 ini memamerkan berbagai produk sepeda konvensional maupun bertenaga listrik karya anak bangsa. United Bike, Volta, Jarvis, Selis, Rakata, Uinfly, Dipa Bike, Petra Bike, Molisidi, BF Goodrich, Elbike dan Viar adalah sebagian brand yang ikut dipamerkan dalam acara ini. Turut ikut serta dalam pameran ini adalah berbagai UMKM binaan PT. Pelindo II, PT. KAI, PT. BRI dan Bank Indonesia.

    “Rangkaian kegiatan ini diharapkan menjadi momen upscalling UMKM, memperluas pembayaran digital melalui QRIS, dan memberi fokus pada Artisan Indonesia di masing-masing daerah. Kami berharap kerja sama dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini dapat membangkitkan kembali UMKM di sektor nasional,”  pungkas Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutan virtual.

    Acara ini didukung oleh kementerian dan lembaga lainnya termasuk Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, PT. Kereta Api Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), Bank Indonesia dan Bank BRI.

    Berita Terkait

    Dukung Pemanfaatan AI di Pemerintahan, Keamanan Jadi Prioritas

    Kejahatan masa depan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) membawa tantangan yang semakin kompleks. Ancaman seperti penyebaran Selengkapnya

    Wapres Dukung Program Satu Juta Penyuluh Kemitraan UMKM Berbasis Syariah

    Wapres meminta KPPU untuk membenahi segala hal yang dapat mengganggu kelancaran proses kerja. Selengkapnya

    Wapres Dukung Perluasan Bidang Kerja Sama Indonesia dan Tiongkok

    Wapres mengajak Pemerintah RRT untuk dapat semakin mempererat hubungan kedua negara melalui peningkatan kolaborasi dan kerja sama di berbaga Selengkapnya

    Soal Rempang, Presiden: Selesaikan dengan Baik, Kedepankan Kepentingan Masyarakat

    Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menegaskan agar penyelesaian masalah Rempang tersebut harus dilakukan dengan baik dan tetap mengedepan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA