FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 01-2021

    4748

    [DISINFORMASI] Vaksin Covid-19 memiliki Chip yang dapat Melacak Keberadaan Orang yang Telah Disuntikan Vaksin

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah video berdurasi 2.04 Menit pada platform media sosial, video tersebut menampilkan cuplikan video penjelasan Ketua Tim Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir terkait Barcode vaksin Covid-19, beserta cuplikan video lain yang mengklaim bahwa vaksin Covid-19 yang menjadi program Pemerintah Indonesia saat ini memiliki komponen manajemen sistem yang bisa melacak lokasi keberadaan setiap orang yang telah disuntikan vaksin Covid-19.

    Faktanya, klaim narasi pada video tersebut yang menyebutkan bahwa orang yang telah disuntik Vaksin dapat dilacak keberadaannya adalah tidak benar. Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi menyatakan bahwa informasi vaksin Covid-19 mengandung chip atau komponen yang mampu mendeteksi keberadaan orang setelah disuntikkan adalah berita bohong alias Hoaks. Barcode yang ada di produk vaksin Covid-19 merupakan kode untuk pelacakan distribusi produk vaksin, dan tidak menempel di dalam orang yang menerima suntik vaksin tersebut.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    Klarifikasi langsung Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika

    https://www.kominfo.go.id/content/detail/31289/disinformasi-vaksin-covid-19-ditanami-barcode-yang-akan-masuk-pada-tubuh-manusia/0/laporan_isu_hoaks 

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Virus Covid-19 Varian Omicron Tidak Mematikan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Ramuan 131 dapat Mencegah Infeksi dan Replikasi Virus

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video 90% Alat Tes Covid-19 Palsu dan Tidak Berfungsi

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Polisi Cina di Bangka Belitung

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA