FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2021

    1149

    Covid-19 Tembus 1 Juta, Menkominfo Minta Tingkatkan Kolaborasi dan Optimisme

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Selasa (26/01/2021) mengumumkan kasus positif Covid-19 di Indonesia telah menembus angka 1 juta. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate meminta semua elemen masyarakat secara bersama-sama meningkatkan kolaborasi dan optimisme dalam memutus rantai Covid-19. 

    “Yang pertama ini pasti pandemi, karena dia pandemi maka kerja kolaboratif itu penting sekali,” ujarnya dalam Program Rosi Bicara Kompas TV mengenai Covid-19 Tembus 1 Juta, Kita Bisa Apa? dari Jakarta, Kamis (28/01/2021). 

    Menurut Menteri Johnny, pandemi Covid-19 merupakan bencana global sehingga tidak bisa dikerjakan hanya oleh satu negara, “Demikian pula di dalam satu negara tidak mungkin dilakukan oleh satu komponen saja, ini harus dilakukan secara bersama-sama, harus dilakukan secara kolaborasi dan harus dibangun kepercayaan serta optimisme masyarakat,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menyatakan upaya membangun kolaborasi, kepercayaan dan optimisme merupakan hak mutlak bagi seluruh komponen anak bangsa dalam mengatasi pandemi. sebab, pada saat Indonesia berhasil memutus rantai Covid-19, maka di saat yang bersamaan juga berusaha melakukan pemulihan ekonomi.

    Dukungan Kominfo

    Dalam acara itu, Menteri Johnny menjelaskan upaya Kementerian Kominfo yang terus konsisten membangun kolaborasi dengan kementerian dan lembaga lain, serta pihak-pihak terkait dalam menangani persoalan Covid-19.

    “Ada beberapa catatan, yang pertama tidak saja pandemi Covid-19 yang kita hadapi tapi juga infodemik terkait dengan Covid-19, dimana informasi yang tersebar berkeliaran mengisi ruang publik kita adalah informasi yang tidak mendukung kerja kolaboratif, yang saling mempersalahkan tidak membangun kekuatan bersama, ini yang harus kita hadapi bersama,” ujarnya. 

    Sementara dari sisi dukungan infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi (TIK), Kementerian Kominfo dalam 10 bulan terakhir khususnya di kuartal ke IV tahun 2020, telah menyiapkan dukungan pemanfaatan TIK di seluruh Indonesia.

    “Melalui penyiapan infrastruktur TIK termasuk pemanfaatan satelit-satelit yang ada di ruang angkasa kita untuk yang pertama dan terutama pusat-pusat layanan kesehatan, yang saat ini seluruh pusat layanan kesehatan di Indonesia sudah terlayani dengan akses internet,” jelas Menteri Kominfo.

    Menteri Johnny menegaskan bentuk dukungan lain dengan menyiapkan tata kelola data yang memang sangat penting dalam memastikan data pribadi masyarakat aman dan terkelola dengan baik. 

    “Terdatanya dengan baik khususnya dalam kaitan dengan vaksinasi agar dua dosis vaksinasi dapat dilakukan dengan tepat, dengan jadwal yang kita rencanakan dan bisa diselesaikan dalam waktu yang kita jadwalkan,” tandasnya.

    Menurut Menteri Kominfo dukungan infrastruktur TIK dan tata kelola data hanya dua aspek dari berbagai program dan kebijakan yang sejauh ini disiapkan dalam upaya memutus rantai Covid-19. Sedangkan terkait tata kelola data, pemerintah juga menyiapkan payung hukum dalam rangka memastikan perlindungan data pribadi.

    “Sekali lagi ini bukan kerja satu komponen masyarakat atau pemerintah saja, ini kerja kolaboratif seluruh komponen bangsa kita yang membangun optimisme dan kekuatan bersama. Dan bukan waktunya saling mempersalahkan, justru sekarang saatnya untuk kita titik temukan seluruh energi positif kita untuk memutus rantai Covid-19 di Indonesia,” imbuhnya.

    Program Rosi Bicara juga dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Ketua Dewan Redaksi Media Group Usman Kansong, Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Zulfiani Lubis, dan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Anton Septian.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA