FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 02-2021

    2739

    [HOAKS] MUI Keluarkan Maklumat Tangkap Presiden Jokowi karena Pelanggaran Prokes di NTT

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah video berdurasi lebih kurang 10 menit di aplikasi YouTube yang di unggah kembali menggunakan akun pribadi pada platform media sosial Facebook dengan keterangan “Beranikah ?!”, video tersebut menyampaikan narasi yang mengklaim bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan maklumat tangkap Presiden Joko Widodo yang disebutkan telah melanggar protokol kesehatan (prokes) di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam video tersebut terdapat pernyataan yang disampaikan Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas terkait dugaan pelanggaran prokes di NTT. 

    Dilansir dari Cek Fakta Medcom.id, diketahui bahwa klaim Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan maklumat tangkap Presiden Joko Widodo tersebut adalah salah dan tidak berdasar. Dari hasil penelusuran tidak ditemukan data atau fakta pendukung bahwa benar MUI mengeluarkan maklumat tangkap Presiden Jokowi. Adapun pernyataan yang disampaikan Anwar Abbas pada video tersebut telah diklarifikasi oleh Ketua MUI Bidang Infokom Masduki Baidlowi bahwa pernyataan Anwar Abbas itu bukanlah pernyataan sikap resmi MUI. MUI tidak memberikan pernyataan sikap apapun terhadap kunjungan Presiden Jokowi ke NTT.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    -https://news.detik.com/berita/d-5474449/mui-kerumunan-jokowi-dengan-habib-rizieq-tak-bisa-diperbandingkan?utm_source=copy_url&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=news

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mendikbudristek akan Mengganti Seragam Sekolah Setelah Lebaran 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Berikan THR Berupa Emas 24 Karat di TikTok

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA