FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 03-2021

    1687

    Gandeng ITS untuk DTS 2021, Kominfo: Siapkan SDM dengan Pelatihan dan Sertifikasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Surabaya, Kominfo - Guna meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika mengandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam Program Digital Talent Scholarship 2021. 

    Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto memperkenalkan salah satu pelatihan yang mereka miliki, yaitu Fresh Graduate Academy (FGA) yang ditargetkan memberikan sertifikasi kompetensi.

    "Pelatihan ini ditujukan bagi lulusan baru di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain memberikan sertifikasi bagi para lulusan baru untuk terjun ke dunia kerja, Kominfo juga turut bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan global seperti Microsoft dalam pelatihan tersebut," ujarnya dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring) di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Rektorat ITS, Surabaya, Jumat (05/03/2021)

    Selain FGA, menurut Kepala Badan Litbang SDM, ada pula Tematik Academy yang menyasar kepada masyarakat tertentu seperti kaum imigran dan difabel dalam memecahkan permasalahan berbasis TIK. Sedangkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) terdapat pelatihan kepemimpinan dan manajerial berbasis digital. “Sehingga tenaga kerja pemerintahan memiliki wawasan yang lebih terbuka terhadap teknologi di bidang-bidang tempat mereka bekerja,” tuturnya.

    Tahun ini, kolaborasi ITS dengan Kementerian Kominfo akan dikembangkan untuk materi pelatihan yang lebih bervariasi.  Menurut Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Adi Soeprijanto, Program DTS Kementerian Kominfo diharapkan dapat selaras dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Sehingga tidak hanya masyarakat tertentu, alumni, dan ASN saja yang dapat berpartisipasi dalam pelatihan ini, melainkan mahasiswa aktif juga,” ungkap guru besar Teknik Elektro ITS ini.

    Menurut Adi, sikronisasi pelatihan Kementerian Kominfo dengan kebijakan MBKM tersebut dapat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Yaitu dengan memberikan ketrampilan digital bagi masyarakat maupun menciptakan inovasi berbasis Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan dalam mewujudkan Kota Pintar (Smart City). Selain itu, program ini juga memberikan beasiswa pelatihan softskill dan hardskill bagi mahasiswa berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik.

    "Sementara itu, ITS juga berencana mengusulkan beberapa proposal untuk menyukseskan kerja sama ini. Terutama dalam hal pendanaan beasiswa S2 bagi tenaga kerja pemerintahan dan Kemenkominfo, kerja sama kurikulum ITS dengan kampus lain, serta KKN tematik bagi mahasiswa dan dosen," jelasnya.

    Rektor ITS Mochamad Ashari optimistis bahwa dengan kualitas dosen di Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS yang sudah teruji dan kompatibel, dapat menyukseskan program pelatihan Kemenkominfo pada tahun ini dengan lebih baik lagi.

    M. Ashari berharap kolaborasi ITS dengan Kementerian Kominfo dalam menyiapkan SDM Indonesia ke era revolusi industri 4.0 dapat terus berlanjut. “ITS siap dalam menyukseskan program ini dan berharap program ini dapat terus berlanjut, meluas, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas guru besar Teknik Elektro tersebut dengan penuh harap. 

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Lantik PNS Formasi PKN STAN, Kominfo Targetkan Jadi Pelopor Birokrasi yang Sehat

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo Imam Suwandi mendorong PNS Formasi PKN STAN yang baru dilantik menggali potensi diri dan menjadi pelop Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA