FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2021

    205

    Ibadah Haji 2021 Berlangsung Normal, Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar pesan dalam platform media sosial  yang diklaim sebagai informasi terbaru dari Kerajaan Arab Saudi. Konon, pesan itu merujuk pada pelaksanaan ibadah haji pada 2021 akan berjalan normal tanpa adanya batasan jumlah jemaah haji yang datang ke Masjidil Haram.

    Dalam informasi itu, mengklaim Raja Salman menyetujui beberapa inisiatif terbaru di antaranya yaitu membebaskan biaya tahunan fasilitas akomodasi ibadah haji, kegiatan komersial di Madinah dan Makkah, tempat haji berlangsung.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta bahwa, informasi yang diklaim sebagai pemberitaan terbaru Kerajaan Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji pada Tahun 2021 yang disebutkan akan berjalan biasa tanpa adanya batasan tersebut adalah tidak benar.

    Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi memastikan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

    “Kemenag pihaknya telah menanyakan perihal pesan berantai tersebut kepada Dubes Saudi, dan disebutkan bahwa pesan tersebut tidak memiliki sumber yang jelas,” tegasnya.

    Khoirizi menyampaikan sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 2021.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim Kementerian Kkominfo, Rabu (17/03/2021):

    [HOAKS] Jadwal Vaksin Warga Jawa Barat di Gedung Pakuan Bandung

    [DISINFORMASI] Warga Bhutan tidak Terpapar Covid-19 karena Penduduknya Vegetarian

    [HOAKS] Update Pelaksanaan Ibadah Haji 2021 dari Kerajaan Arab Saudi

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Walikota Kendari

    Berita Terkait

    Serah Terima Presidensi G20 Berlangsung Akhir Oktober 2021

    Indonesia telah ditetapkan sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-15 Riyadh, Arab Saudi, pada tanggal Selengkapnya

    Hanya Isi Kuesioner, Gojek Bagikan Rp2 Juta, Itu Hoaks!

    Beredar informasi mengenai survei berhadiah dari Gojek disertai tautan yang mengarahkan pada website tertentu. Ketika diklik, tampil narasi Selengkapnya

    John Cena Meninggal karena Covid-19, Itu Hoaks!

    Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi informasi pegulat WWE, John Cena telah meninggal dunia karena terjangkit Covid-19. K Selengkapnya

    Vaksin Covid Bunuh Orang dan Musnahkan Populasi Dunia, Itu Hoaks!

    Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan vaksin Covid akan membunuh dan memusnahkan populasi manusia di dunia. Konon, dikisahkan s Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA