FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 04-2021

    1247

    Menteri Johnny Ajak Kolaborasi Edukasi Masyarakat Soal Vaksinasi

    Kategori Berita Kominfo | Irso
    Menkominfo Johnny G. Plate saat meninjau pelaksanaan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Universitas Indonesia, Depok, Senin (05/04/2021). - (AYH)

    Depok, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menilai, selain ketersediaan vaksin, tata kelola manajemen vaksinasi, serta vaksinator yang memadai, hal yang tidak kalah penting dibutuhkan adalah arus informasi yang tepat untuk disampaikan kepada masyarakat.  Oleh karena itu, Menteri Johnny mengajak seluruh ekosistem untuk aktif bersama melakukan edukasi kepada masyarakat.

    "Kita mengetahui saat ini 80 persen masyarakat berharap divaksin, atau masih ada 20 persen yang belum berharap divaksin. Dalam konteks Indonesia, 20 persen itu besar jumlahnya. Karenanya usaha bersama kita untuk melakukan transmisi informasi, literasi informasi dan edukasi kepada masyarakat kita lakukan secara bersama-sama," ajaknya saat meninjau pelaksanaan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Universitas Indonesia, Depok, Senin (05/04/2021).

    Dalam situasi pandemi Covid-19, Menkominfo mengajak seluruh masyarakat bekerja sama dan tidak bekerja secara sendiri-sendiri. "Sekarang waktunya kerja kolaboratif dan kerja bersama-sama semuanya. Dan pekerjaan utama kita adalah menyelesaikan dan memutus rantai Covid-19," jelasnya.

    Selain itu, Menteri Johnny mengingatkan vaksin saja tidak cukup dalam menghadapi pandemi. Masyarakat diharapkan terus menerapkan protokol kesehatan.

    "Setelah mendapatkan vaksin dengan dosis yang ditentukan, ada yang satu kali untuk hasil tertentu dan umumnya untuk vaksin Sinovac dilakukan dua kali vaksinasi dan menghasilkan kekebalan tubuh yang memadai. Tapi jangan sampai lupa agar kita secara disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara teratur pakai sabun," imbuhnya. 

    Apresiasi 

    Saat meninjau pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kerja sama antara Rumah Sakit Universitas Indonesia, XL Axiata dan berbagai ekosistem mitra kerja, Menkominfo mengapresiasi penyelenggaraan vaksinasi di lingkungan pendidikan. 

    "Ini saya kira salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mana universitas tampil di garis depan untuk membantu dalam konteks ini bersama-sama dengan seluruh masyarakat menyelesaikan permasalahan nasional kita, yaitu pandemi Covid-19," ujarnya 

    Menteri Johnny berharap proses vaksinasi yang diadakan secara drive true dan block in poliklinik ini, juga dilakukan di banyak tempat dengan mengacu pada model yang dilakukan di Universitas Indonesia.

    "Karena tidak mungkin untuk 181 setengah juta yang butuh divaksin dalam rangka mencapai kekebalan kelompok, jika dilakukan hanya melalui fasilitas atau pusat pelayanan kesehatan, proses vaksinasi bisa dilakukan dengan cepat dan masif, maka inisiatif untuk dilakukan vaksinasi massal seperti Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini perlu kita dukung. Tidak saja di Jakarta tapi juga di kabupaten/kota dan provinsi di luar Jawa," jelasnya.

    Menurut Menkominfo, jika Indonesia berhasil melakukan proses vaksinasi massal dalam jumlah yang masif, maka sepanjang tahun 2021 bisa dilaksanakan untuk masyarakat yang memang ditargetkan mendapatkan vaksinasi, sekitar 70 persen dari penduduk atau setara dengan 181 setengah juta penduduk.

    "Saya berterima kepada Universitas Indonesia yang mengambil bagian secara konkret dan secara aktif untuk menjadi garis depan proses vaksinasi bangsa kita," tandasnya.

    Berita Terkait

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Menteri Keuangan RI Resmi Mundur? Itu Hoaks!

    Video tersebut merupakan video lama saat Menteri Sri Mulyani menyampaikan salam perpisahan pada tahun 2010, ketika beliau mundur sebagai Men Selengkapnya

    Awas Disinformasi, Sapi Mati Usai Vaksinasi Covid-19!

    Rekaman asli kejadian tersebut pernah diterbitkan dalam artikel dari english.alsiasi.com. Selengkapnya

    Kominfo Ajak Kolaborasi Ciptakan Inovasi Kota Cerdas

    Kementerian Kominfo membangun sebuah sebuah starting point atau titik pijak agar pemerintah daerah bisa mewujudukan Kota Cerdas lebih cepat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA