FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 04-2021

    1137

    Topang Pengembangan Pelaku UMKM dengan Bangun Infrastruktur TI

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Sumedang, Kominfo –  Kementerian Komunikasi dan Informatika membangun infrastruktur teknologi informasi yang nyaman, cepat dan mudah untuk menopang pengembangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam memasuki dunia digital, 

    Prasyarat UMKM memasuki dunia digital adalah konektivitas. Kominfo) fokus dalam membangun infrastruktur teknologi. Tidak ada urusan-urusan izin di bawah meja,” tegas Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail dalam Seminar Daring Pembukaan UMKM Sumedang Go Digital, di Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (09/04/2021).

    Dirjen SDPPI siap memfasilitasi diskusi dengan semua operator tentang kebutuhan UMKM. Bahkan, Dirjen Ismail mengapresiasi PaDi UMKM, sebuah pasar digital bagi UMKM yang digagas Kementerian BUMN, untuk pemasaran dan pembiayaan para pengusaha kecil. “Semua saya harapkan user friendly. Jangan susah-susah, supaya para UMKM mau masuk ke PaDi sudah jelas caranya, tidak repot, tidak aneh-aneh,” ungkapnya.

    Menurut Dirjen SDPPI, jika pelaku UMKM di Sumedang diberikan sentuhan teknologi digital, akan maju dan memiliki ruang pemasaran lebih luas. Tidak hanya di Jawa Barat, melainkan sampai seluruh Indonesia, bahkan global. Selain itu, teknologi digital menjadikan produksi UMKM lebih berkualitas.

    Dirjen Ismai menyatakan Kementerian Kominfo hadir dalam berbagai bentuk regulasi untuk membantu akselerasi penyediaan infrastruktur IT.

    "Kominfo juga mendukung berbagai program literasi digital yang digulirkan berkesinambungan agar kompetensi masyarakat mengadopsi teknologi makin lama makin baik. Atas nama Kemkominfo, saya menyambut baik UMKM Go Digital ini, mudah-mudahan sukses selalu UMKM Sumedang,” katanya.

    UMKM Sumedang Go Digital diisi beberapa kegiatan, seperti Trainer of Trainer (ToT) pelaku UMKM, bazaar, dan seminar daring bersama Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo. Kegiatan dihadiri Bupati Kabupaten Sumedang Dony Ahmad Munir, Ketua Umum YMIE Wahyu Kisworo, Direktur PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi, Direktur Digital Business PT Telkom Fajrin Rasyid, Direktur Operasional dan Keuangan PT SMF Trisnadi Yulrisman dan para undangan lainnya.

    Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman menyatakan dari  60% PDB Indonesia berasal dari UMKM. Dengan jumlah 64 juta lebih, mulai dari mikro, kecil, hingga menengah, atau mencapai 99,9% perusahaan di Indonesia. UMKM sangat berperan dalam perekonomian di Indonesia.

    “PaDi UMKM diharapkan bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan membuka akses para UMKM dalam pelatihan, pembinaan sekaligus mengakses pasar yang lebih luas,” katanya.

    Sementara itu, Bupati Sumedang berhatap UMKM Sumedang Go Digital menjadi bagian solusi kemajuan UMKM. Solusi yang sama diharapkan dari digital marketing PaDi UMKM. “Mohon dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan platform ini akan menghubungkan antara pemasok dengan pembeli,” ujarnya.

    Berita Terkait

    Tes Kesehatan Paru-Paru dengan Tahan Napas? Itu Disinformasi!

    Adapun cara mengetahui kesehatan paru-paru seseorang haruslah menggunakan cara medis melalui prosedur spirometri. Selengkapnya

    Penembakan Pilot oleh Satgas, Awas Disinformasi!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Kominfo menemukan fakta klaim itu tidak benar. Selengkapnya

    Penggantian ID Pelanggan Atas Nama PLN? Itu Hoaks!

    Faktanya, bukti kuitansi penggantian ID pelanggan mengatasnamakan PLN tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA