FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 05-2021

    924

    Hadirkan “Jelajah Rak Sebelah”, Pemerintah Promosikan Produk UMKM

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) menggelar “Jelajah Rak Sebelah” dengan menggandeng Goorita, Accelerice, dan GoPlay Indonesia.

    Kegiatan itu merupakan salah satu upaya upaya mempromosikan produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia ke pasar global. “Rak Sebelah” merupakan toko ritel milik Accelerice yang mengkurasi produk makanan dan minuman kemasan skala UMKM hingga UKM Indonesia untuk dapat dipasarkan di marketplace (lokapasar).

    “Mencari peluang pasar ekspor harus terus dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Platform digital perlu dioptimalkan untuk menggencarkan promosi produk Indonesia, khususnya produk UKM,” jelas Direktur Jenderal PEN Didi Sumedi di Jakarta, Selasa (04/05/2021).

    Kegiatan tersebut dihadiri 50 peserta yang terdiri dari perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri dan diaspora Indonesia di sepuluh negara (Amerika Serikat, Kanada, Australia, Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, RRT, Taiwan, dan Hongkong).

    Hadir sebagai narasumber utama yaitu Chief Engagement Officer Accelerice Jessica Marchita. Dalam sambutannya, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan menyampaikan, banyaknya jumlah diaspora Indonesia di beberapa negara tentu menjadi peluang untuk dapat memasarkan produk Indonesia lebih luas lagi.

    “Diaspora Indonesia diharapkan dapat membantu promosi produk dan jasa Indonesia di luar negeri agar lebih dikenal di negara masingmasing. Diaspora Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, tapi bisa juga menjadi penyalur,” ujar Marolop.

    Peluang tersebut, tambah Marolop, dijajaki dengan Goorita yang dinilai telah siap membantu produk UKM Indonesia untuk diminati dan diterima pasar global. Goorita merupakan layanan terpadu untuk membantu bisnis lokal termasuk UKM agar mampu bersaing secara global di luar negeri.

    Produk-produk yang ada pada Goorita merupakan produk-produk pilihan Indonesia hasil binaan akselerator atau inkubator, seperti Accelerice. “Jelajah Rak Sebelah” berformat gelar wicara dan tur bersama Jessica ke dalam kantor Accelerice dan toko Rak Sebelah yang dipandu Fiorenza Liza. Acara tersebut memperkenalkan lebih jauh beberapa produk makanan dan minuman kemasan produk UKM dan menginformasikan beberapa program promo Rak Sebelah dan Goorita.

    “Jelajah Rak Sebelah” merupakan rangkaian kegiatan “Promosi Ekspor Melalui Platform Digital Indonesia” yang bertujuan mengenal lebih jauh produk lokal UKM Indonesia dan disiarkan secara langsung di platform video streaming Go Play.

    Berita Terkait

    Tangani Pornografi Anak, Pemerintah Akan Bentuk Satgas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemutusan akses terhadap hampir dua juta konten pornografi anak untuk memberantas per Selengkapnya

    Jelang Libur Nataru, Pemerintah Pastikan Layanan Masyarakat Tetap Berjalan

    Pemerintah menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan. Saat ini, sudah tidak ada kebijakan yang berlaku tentang pem Selengkapnya

    Siapkan Govtech, Pemerintah Integrasikan Layanan secara Bertahap

    Digitalisasi pelayanan bukan melulu soal penguasaan teknologi. Yang jauh lebih penting adalah soal komitmen dan kepemimpinan Selengkapnya

    Wapres Tekankan Penguatan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi Produk Halal

    Wapres menekankan tiga hal kunci sebagai upaya memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Provinsi Fujian. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA