FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 05-2021

    331

    Pemerintah Kembangkan Potensi dan Talenta Perempuan

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Warga mengikuti pelatihan membatik di Balai Desa Kemendung, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (27/5/2021). Pelatihan tersebut sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan keahlian membatik agar dapat meningkatkan kualitas produk yang memiliki daya saing. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah memiliki perhatian besarbesar untuk mengembangkan potensi dan talenta perempuan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan hal itu ditujukan agar perempuan berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi.
    "Ini bukan saja karena saya adalah Menaker perempuan, melainkan karena kesadaran bahwa pembangunan ketenagakerjaan harus dilakukan secara inkusif," kata Menaker Ida pada acara Women's Creative Week 2021 secara daring, dari Jakarta, Jumat (28/05/2021).
    Untuk mewujudkan harapan itu, Kemnaker mencanangkan 9 Lompatan Besar, salah satunya adalah pengembangan talenta muda. Terobosan pengembangan talenta muda ini diarahkan untuk mengelola dan mengoptimalkan potensi kreatif generasi millenial dan zelennial menjadi talenta muda yang siap menjemput future job yang semakin dinamis dan fleksibel.

    "Hal ini karena sebagaimana kita ketahui, disrupsi dan otomasi yang menjadi akibat dari revolusi industri telah berdampak sangat dahsyat dalam perkembangan dunia ketenagakerjaan," ucapnya.

    Adapun terobosan pengembangan talenta muda ini dilakukan dengan beberapa agenda, salah satunya mentransformasikan Innovation Room menjadi Talent Hub sebagai wadah bagi talenta muda untuk mengembangkan potensi dan skills yang relevan melalui berbagai program pelatihan future skills, memperluas kesempatan kerja melalui program Talent Fest dan Tenaga Kerja Mandiri.

    “Dengan memberikan ruang terbuka dan mendorong perempuan untuk meningkatkan potensi kreatif dan kompetensinya, maka mereka dapat berperan lebih besar dalam menggerakkan ekonomi, baik dengan menjadi pekerja maupun wirausaha,” katanya.
    Program-program itu, katanya, berorientasi pada pola ketenagakerjaan di masa depan yaitu membentuk Talent Corner di setiap Balai Latihan Kerja di seluruh Indonesia, serta melakukan pemetaan inovator muda dari berbagai bidang melalui kegiatan Talent Scouting.
    "Di sinilah perempuan menjadi bagian penting yang harus difasilitasi dalam mengembangkan talentanya," ucapnya.
    Melalui berbagai program dalam agenda pengembangan talenta muda ini, ia pun berharap semakin banyak perempuan muda yang muncul sebagai pembaharu yang membawa solusi kreatif dan inovatif di berbagai bidang.

    "Saya yakin potensi perempuan Indonesia sangatlah besar, bahkan dengan keuletan dan ketangguhannya, perempuan memiliki posisi strategis untuk menjadi bagian penting dalam pengembangan bangsa Indonesia kedepannya," ujarnya.

    Berita Terkait

    Hasil Riset Sosial Bantu Pemerintah Rumuskan Kebijakan di Masa Pandemi

    Adapun penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi di Indonesia akan terus di akselerasi dengan memanfaatkan hasil riset dan inovasi termasuk Selengkapnya

    Tekan Angka Kematian di Solo Raya dan DIY, Pemerintah Siapkan Isolasi Terpusat

    Tren kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo Raya dan provinsi DI Yogyakarta masih meningkat. Menko Luhut mengimbau agar pemerintah dae Selengkapnya

    Pemerintah Kembali Datangkan 21,2 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Sinovac

    Pemerintah kembali mendatangkan 21,2 juta dosis bahan baku vaksin Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Sela Selengkapnya

    Dorong Lembaga Pendidikan Tinggi Kembangkan Inovasi Saat Pandemi

    Menurut Presiden, pandemi Covid-19 merupakan rangkaian serial disrupsi dan menambah disrupsi yang sebelumnya dipicu revolusi industri 4.0. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA