FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 05-2021

    1548

    Cegah Kekerasan Gender Online, MenegPPA: Perlu Literasi Digital

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyebutkan risiko Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO) di internet terus meningkat. Oleh karena itu, Menteri Bintang mengimbau agar semua sektor dapat bekerja sama untuk melakukan pencegahan.

    “KBGO jadi tantangan tersendiri karena pelaku bisa berlindung dalam akun anonim dan sulit ditemukan. Sehingga, kekerasan yang tadinya terbatas fisik dan waktu kini jadi tidak terbatas lagi. Maka literasi digital perlu untuk mencegah hal tersebut,” katanya dalam webinar Literasi Digital sebagai Solusi Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan: Cegah KBGO, dari Jakarta, Senin (31/05/2021).

    MenegPPA menjelaskan konsekuensi setiap konten yang sudah masuk ke jaringan internet, "Hal yang sebelumnya sudah terunggah di internet juga tidak bisa sepenuhnya dihapuskan," ujarnya.

    Guna melakukan pencegahan seusai dengan karakteristik tersebut, Menteri Bintang menegaskan agar berbagai pencegahan harus ditekankan dan  penanganan diperkuat terus menerus. "Kerja sama antar sektor pemerintah, swasta, penyedia layanan teknologi, akademisi, media dan seluruh masyarakat semakin diperlukan," tandasnya.

    Bahkan, Menteri Bintang mendorong kerja sama semua pemangku kepentingan untuk menjalankan peran masing-masing dalam mencegah KBGO.  

    “Mohon dukungan kepada seluruh pihak untuk turut memperkuat perjuangan menghentikan KBGO. Dunia tidak berhenti berkembang, kita yang perlu terus beradaptasi dan berinovasi,” pintanya.

    MenegPPPA juga berpesan bahwa tidak ada orang yang berhak mendapatkan kekerasan apapun situasinya, sehingga perlu bersama-sama menciptakan akses yang luas bagi seluruh masyarakat. "Terutama perempuan dan anak, dalam lingkungan fisik maupun digital melalui literasi digital," ujarnya.

    Berita Terkait

    Cetak Santri Modern Lewat Santri Digitalpreneur 2024

    Program Santri Digitalpreneur Indonesia (SDI) sendiri merupakan wadah pelatihan dan peningkatan kapasitas santri dan generasi muda dalam men Selengkapnya

    Pemerintah Dorong Konsumen Cerdas dan Berdaya di Era Digital

    Selengkapnya

    Pemerintah Bangun ‘Jalan Tol’ Pelayanan Publik Berbasis Digital

    Transformasi digital dalam pelayanan publik akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan. Selengkapnya

    Kesuksesan Indonesia Kembali Pimpin Dunia

    Kembalinya Indonesia sebagai pemimpin dunia merupakan bukti bahwa Indonesia telah menjadi negara yang kuat dan berwibawa. Indonesia telah me Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA