FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 06-2021

    676

    Awas Disinformasi! Lagu Indonesia Raya Sudah Diganti

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar konten video dalam media sosial Facebook pada Sabtu (29/05/2021). Konon, unggahan video tersebut memperlihatkan sejumlah orang sedang menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam sebuah acara.  Video tersebut diiringi narasi yang mengklaim bahwa orang-orang dalam video tersebut mengganti Lagu Indonesia Raya.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari Medcom.id, ternyata klaim itu keliru. Faktanya, bukan diganti, sejumlah orang dalam video itu menyanyikan Lagu Indonesia versi 3 stanza yang lebih panjang.

    Verifikasi terhadap fakta tersebut diperkuat dengan adanya laporan dari Turnbackhoax.id, Lagu Indonesia Raya 3 stanza seperti terdengar dari video yang beredar sesuai dengan UU 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

    Video itu bagian dari acara peluncuran Program Literasi Digital Nasional pada 20 Mei 2021.

    Acara itu disiarkan langsung di 16 televisi nasional dan swasta serta live streaming di kanal Youtube Kementerian Kominfo dan Siberkreasi.

    Video dengan durasi lebih panjang dan lengkap, disiarkan langsung di kanal Youtube Kemkominfo TV pada 20 Mei 2021 dengan judul “Peluncuran Program Literasi Digital Nasional”.

    Berikut laporan isu hoaks, disinformasi dan misinformasi yang telah diidentifikasi oleh Tim AIS Kementerian Kominfo, Selasa (01/06/2021):

    [HOAKS] Jamur Hitam Menyebar dari Ayam Ternak

    [DISINFORMASI] Lagu Indonesia Raya Sudah Diganti

    [HOAKS] Mantan Gubernur Kaltim Awang Faroek Meninggal Dunia

    [HOAKS] Rekaman Percakapan Telepon Wali Kota Solo Marah Disebut Tak Beragama

    Berita Terkait

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Awas Hoaks! Nomor Urut Pasangan Capres dan Cawapres Berganti

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim dalam unggahan video tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Informasi Tenggat Penguruan STR Seumur Hidup

    Klaim terkait pengurusan STR Seumur Hidup bagi named dan nakes sebelum tanggal 1 Februari 2024 adalah tidak benar. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA