FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 06-2021

    584

    5G Dorong Lebih Banyak Implementasi Smart City di Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menyatakan kehadiran teknologi 5G diyakini akan mendorong hadirnya lebih banyak kota cerdas (smart city) di Indonesia. Menurutnya, keberadaan layanan 5G pun diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mengembangkan ekonomi digital guna mensejahterakan masyarakat Indonesia.

    "Hal lainya adalah 5G ini juga mendorong smart city. Jadi kalau sekarang ini kita bicara tentang ibu kota negara baru misalnya itu otomatis, betapapun juga 5G ini tidak bisa dilupakan untuk segera diadopsi di sana," ujar Heru Sutadi dalam acara Diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang bertajuk " Indonesia maju dengan 5G" dari Jakarta, Senin (07/06/2021).

    Selain itu, kota- kota yang ada di Indonesia pun harus mengoptimalkan dan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk perkembangan ekonomi, layananan pemerintahan dan lainya.

    "Kalau saya melihat bahwa kita jangan hanya menjadi pasar dari teknologi, tetapi bagaimana kita memanfaatkan teknologi ini untuk dapat mengembangkan ekonomi digital Indonesia untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia," kata dia.

    Untuk itu, ia berharap agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bisa segera mempersiapkan dan mengembangkan ekosistem secara menyeluruh demi penerapan 5G.

    Dari pengalaman sebelumnya di 3G dan 4G, jelas Heru, setidaknya membutuhkan waktu dua tahun untuk melihat perkembangan 5G.

    "Nanti kita bicara apa yang bisa dimanfaatkan dari 5G. Jika sekedar hanya akses internet mungkin perkembanganya akan lambat, tapi jika dia bisa mendorong perkembangan teknologi lain dan menjawab kebutuhan teknologi masyarakat maka akan lebih cepat perkembanganya," jelas Heru.

    Berita Terkait

    Resmikan Kominfo Mart, Penasihat DWP: Mari Ciptakan Inovasi!

    Penasihat DWP Kementerian Kominfo berharap peluncuran Kominfo Mart memberikan manfaat besar. Selengkapnya

    Peringatan HAN 2023, Anak-Anak Aset Masa Depan Indonesia

    Peringatan Hari Anak Nasional menjadi momentum yang tepat untuk menggaungkan dan mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap perlindung Selengkapnya

    [Berita Foto] Pantau Implementasi ASO, Kominfo Gelar Rakor

    Menkominfo Johnny G. Plate mengundang perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri untuk Selengkapnya

    Kominfo Dorong Peningkatan Utilisasi Sistem Informasi P2DD

    Kementerian Kominfo akan terus mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan sistem informasi P2DD, terutama terkait dengan layanan seperti Pusa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA