FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 06-2021

    1191

    Tinjau Vaksinasi di Bogor, Presiden: Agustus Diharapkan Capai 'Herd Imunity'

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Bogor, Kominfo - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan Stasiun Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/06/2021). 

    Rencananya, vaksinasi akan diberikan kepada 10 ribu masyarakat yang berada di sekitar kawasan stadion. Dan juga serempak yang diberikan pada Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) yang berada di sekitar Kabupaten Bogor. 

    "Melihat langsung vaksinasi sebanyak 10 ribu yang diadakan di Kabupaten Bogor baik yang berada di Stadion, Puskesmas, dan RS," ujar Presiden Joko Widodo melalui tayangan virtual dari Akun YouTube Sekretariat Presiden (Setpres). 

    Presiden Joko Widodo tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB, kemudian langsung meninjau satu per satu proses tahapan vaksinasi dari mulai pendaftaran hingga pembagian sertifikasi.  Presiden juga menyapa seluruh wilayah Kabupaten Bogor yang tengah melakukan vaksinasi di beberapa tempat terpisah melalui sambungan konferensi video. 

    Kedatangan Kepala Negara dilakukan untuk memastikan bahwa vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat yang berada di sana, agar dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Sehingga, target melakukan vaksinasi terhadap 70 persen masyarakat dapat segera tercapai.   "Kita membutuhkan percepatan kecepatan vaksinasi ini," tuturnya. 

    Dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah beserta seluruh jajarannya berpotensi menghambat penyebaran Covid-19. Karena, mampu membuat kekebalan kelompok atau herd imunity di masyarakat. 

    Kini pemerintah tengah agresif melakukan vaksinasi pada ratusan ribu orang dalam satu hari. Pada Juli 2021, jumlah vaksinasi yang akan dilakukan dapat mencapai sebanyak 1 juta orang. 

    Kepala Negara berharap, seluruh pihak terkait di Kabupaten Bogor dapat terus meningkatkan vaksinasi yang dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Sehingga, target mencapai kekebalan kelompok dapat diwujudkan pada Agustus 2021. 

    "Program vaksinasi ini secepatnya target kita capai,  paling tidak di kabupaten Bogor bulan Agustus itu sudah tercapai kekebalan komunal," kata Presiden.

    Waspada Lokasi Interaksi Tinggi

    Pemerintah terus mengintensifkan guliran vaksinasi Covid-19 untuk dapat mencapai kekebalan komunal atau herd immunity. Presiden pun meminta adanya percepatan pelaksanaan vaksinasi terutama di daerah dengan tingkat interaksi dan mobilitas masyarakat yang tinggi.

    “Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi, baik itu stasiun kereta, terminal bus, airport, dan juga pelabuhan, karena di situlah kalau tidak kita segerakan akan terjadi penyebaran,” ujar Presiden Joko Widodo usai peninjauan vaksinasi Covid-19 bagi pengguna jasa Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline di Stasiun Bogor, Kota Bogor.

    Pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bogor, ungkap Presiden, juga dilakukan karena tingginya interaksi dan mobilitas di tempat tersebut.

    “Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi, penyangga dari Ibu Kota Jakarta, sehingga interaksi, mobilitas semuanya tinggi. Oleh sebab itu,  kita ingin memberikan prioritas baik bagi penumpang KRL, kemudian penumpang kereta api, juga para pekerja yang ada di stasiun untuk melindungi mereka dari Covid-19,” ujarnya.

    Dengan telah dimulainya pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bogor ini, Kepala Negara berharap dapat menghambat lanjut pandemi. “Kita harapkan pagi hari ini dengan dimulainya vaksinasi di stasiun dan  lingkungannya, saya harapkan semuanya bisa terlindungi dari Covid-19,” ujarnya.

    Berita Terkait

    Progres Pembangunan Kantor Presiden di IKN Capai 74 Persen

    Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, mengungkapkan bahwa pembangunan struktur b Selengkapnya

    Buka IIMS 2024, Presiden: Mobil Listrik Masa Depan Otomotif Indonesia

    Kepala Negara menyebut bahwa pemerintah telah memberikan sejumlah insentif guna mendorong peningkatan produksi kendaraan listrik di tanah ai Selengkapnya

    Tanam Pohon Bersama Masyarakat, Presiden: Ini Tindakan Nyata Hadapi Perubahan Iklim

    Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut sudah dilaksanakan secara bertahap di sejumlah daerah. Selengkapnya

    Tinjau Pembangunan Istana Presiden di IKN, Presiden: Masih Sesuai Target

    Presiden mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA