FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 06-2021

    1878

    Kunjungi Labuan Bajo, Menteri Johnny Ajak Pelaku UMKM Masuk Pasar Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf
    - (AYH)

    Labuan Bajo, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dalam kunjungan kali ini, Menteri Johnny dijadwalkan menghadiri Puncak Acara “Kilau Digital Permata Flobamora” yang akan berlangsung besok, Jumat (18/06/2021) di Puncak Waringin, Nusa Tenggara Timur.

    Menkominfo menjelaskan acara Kilau Digital Permata Flobamora digelar sebagai bagian dari tema besar kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, dengan fokus untuk memajukan dan mempromosikan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khas NTT melalui media digital.

    “Saya mendorong artisan lokal dan pelaku UMKM untuk melakukan penjualan digital agar produk-produk lokal bisa menjangkau pasar yang tidak terbatas. Kami akan dorong UMKM ultramikro dan artisan Flobamora untuk onboarding digital," ujarnya di di Bandar Udara Internasional Komodo, Kamis (17/06/2021). 

    Pemerintah pusat, menurut Menteri Johnny juga mengajak pemerintah daerah setempat dan masyarakat agar mengambil bagian dari transformasi digital tersebut. Ia menyebutkan, pada 2024 Pemerintah pusat juga menargetkan jumlah pelaku UMKM yang tergabung ke dalam ekosistem digital dapat meningkat pesat hingga 30 juta pelaku.

    "Target kami adalah hasil karya artisan, kehebatan-kehebatan local wisdom itu harus bisa ditampilkan di dalam ruang digital melalui marketplace untuk menjangkau pasar yang tidak terbatas, tidak saja pasar domestik tapi juga cross boarder atau lintas negara," tuturnya.

    Menkominfo menyatakan, peringatan Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora bertujuan untuk mengajak masyarakat membeli dan bangga memakai produk karya anak bangsa.

    Secara khusus, Kominfo mendapat tugas sebagai penyelenggara utama kampanye Gernas BBI 2021 di Flobamora. Flobamora merupakan singkatan dari Flores, Sumba, Timor, dan Alor serta pulau-pulau lainnya di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Oleh karena itu, guna menyukseskan acara ini Kominfo menggandeng ekosistem untuk ikut ambil bagian terlibat dalam kolaborasi besar tersebut.

    Menteri Johnny tiba di Bandar Udara Internasional Komodo NTT sekira pukul 12.00 WITA dan disambut Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Wabup Mabar Yulianus Weng, Dandim 1612 Letkol Kav Ivan Alfa, serta Wakil Kepala Polres Manggarai Barat. 

    Beragam Kegiatan

    Dalam puncak acara nanti, Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir memberi sambutan secara virtual Selain itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Kopperasi dan UKM Teten Masduki, beserta ekosistem akan melakukan video Conference kepada pelaku UMKM dan perangkat desa dan petani.

    Acara juga akan diisi dengan dialog offline antara Menkominfo dan Menteri Desa PDTT dengan Kepala Desa Detusoko Barat. Setelah itu, dilanjutkan dengan video conference Gubernur BI bersama empat perwakilan BI, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan NTT.

    Dalam puncak acara, juga akan ada peluncuran aplikasi JPHub Pariwisata, aplikasi pemanfaatan toko online Bumdes untuk mengenalkan UMKM Lokal NTT, serta virtual expo sehingga masyarakat bisa melakukan experimen dengan bertransaksi langsung, bazar offline dan online, serta adapula prenyerahan 16 infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) secara simbolis kepada 16 Bupati di NTT.

    Puncak Acara Kilau Digital Permata Flobamora akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bagi peserta dan pembicara yang hadir, diwajibkan untuk menunjukkan Digital Invitation (DI) beserta surat swab antigen negatif yang berlaku 1x24 jam.  Di lokasi acara, pada saat registrasi, tamu undangan akan diberikan PIN khusus (warna emas untuk VVIP, perak untuk VIP, warna tembaga untuk non-VIP).

    Untuk keseluruhan acara, dapat disaksikan secara virtual (hybrid system) yang akan disiarkan secara live melalui aplikasi Zoom Meeting, Youtube Kemkominfo TV, platform e-Commerce, dan beberapa stasiun TV.

    Hadir mendampingi Menteri Johnny dalam kunjungan ke Labuan Bajo, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo sekaligus Plt. Dirjen IKP, Mira Tayyiba; Dirjen SDPPI Ismail; Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latief; Staf Ahli Menkominfo bidang Komunikasi dan Media Massa, Henry Subiakto; Staf Khusus Menkominfo bidang Bidang IKP Transformasi Digital dan Hubungan Antar-Lembaga, Rosarita Niken Widiastuti; Staf Khusus Menkominfo bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang; Direktur IKPM Ditjen IKP, Septriana Tangkary, serta Direktur Layanan TI Pemerintah dan Masyarakat BAKTI, Danny Januar. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Bantuan BI Senilai Rp125 Juta untuk Pelaku UMKM

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar. Selengkapnya

    Kunjungan ke Surakarta, Menteri Budi Arie Akan Bahas Percepatan Ekosistem 5G

    Consensus Announcement 5G merupakan salah satu pilar TIK untuk mempercepat Transformasi Digital di Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Tinjau Penyedia Layanan Data Center

    Menkominfo meninjau salah satu perusahaan penyedia layanan data center. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA