FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2021

    2436

    Digitalisasi Jadi Solusi Bangkitkan UMKM saat Pandemi Covid-19

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Labuan Bajo, Kominfo - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan di era digitalisasi seperti saat ini, tidak bisa dimungkiri semua akses bisa terbuka. Menurutnya, saat berbelanja, setiap orang tidak perlu bersusah payah lagi membeli produk lokal dengan datang ke toko, tetapi cukup dengan memesan secara online.

    "Saat pandemi Covif-19, kebutuhan yang namanya digitalisasi tak bisa dihindari lagi. Ibaratnya seperti aliran darah yang mengalir di tubuh kita. Merasa tidak sempurna hidup kita itu kalau kita tidak online," katanya dalam acara puncak Bangga Buatan Indonesia-Kilau Digital Permata Flobamora di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Jumat (18/06/2021).

    Bupati Edistasius menegaskan, inilah era kebangkitan, untuk kita bisa keluar dari keterpurukan yang disebabkan pandemi COVID-19.

    "Bersama digitalisasi, hari ini Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Bank NTT meluncurkan aplikasi Go NTT sebagai marketplace bagi produk-produk lokal," ungkapnya.

    Menurut Bupati Manggarai Barat, kehadiran aplikasi ini diharapkan mendorong kemajuan industri kecil dan menengah untuk meningkatkan jumlah penjualan serta meningkatkan minat beli masyarakat luas terhadap produk-produk lokal NTT.

    "Bangga Buatan Indonesia harus dan selalu harus merasuki pikiran masyarakat Indonesia agar setiap saat kita mencintai produk buatan Indonesia," tandasnya.

    Menurut Bupati Edistasius, tak bisa dimungkiri juga perilaku masyarakat Indonesia banyak yang konsumtif. Lebih suka membeli suatu barang daripada memproduksinya. Sebagian besar masyarakat bahkan merasa lebih gengsi untuk membeli produk dalam negeri, karena beranggapan bahwa kualitas produk luar negeri lebih baik daripada produk dalam negeri.

    Bupati Manggarai Barat memaparkan, Gerakan Nasional BBI bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM. Gerakan ini merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menghargai karya-karya anak bangsa yang telah menghasilkan produk dan layanan para UMKM, dimana UMKM telah menjadi tulang punggung ekonomi bangsa yang perlu diapresiasi agar berhasil melalui masa-masa sulit pandemi COVID-19.

    "Bersama, NTT bangkit, NTT sejahtera, Mabar (Manggarai Barat) Bangkit, Mabar Mantap, dari NTT untuk Indonesia, dari Labuan Bajo untuk Indonesia. Ayo datang ke Labuan Bajo," ajaknya.

    Berita Terkait

    Pemerintah Imbau Tingkatkan Kewaspadaan terhadap Covid-19 di Akhir 2023

    Dengan menerapkan protokol kesehatan diharapkan aktivitas masyarakat terutama wisatawan di destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif d Selengkapnya

    Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur di Dunia

    Meningkatnya daya saing sektor industri di Indonesia juga didukung oleh realisasi investasi, baik dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) m Selengkapnya

    Digitalisasi UMKM Jadi Kunci Optimalkan Bonus Demografi

    UMKM tentunya akan memiliki peranan besar dalam mengkapitalisasi bonus tersebut dalam penyerapan tenaga kerja. Selengkapnya

    Presiden Perintahkan Menkes Awasi Detail Perkembangan Covid-19

    Berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan, situasi Covid-19 di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan tren kasus sejak pekan ke-41 atau Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA