FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 06-2021

    257

    Pelatihan Digitalisasi Pelaku UMKM Boleh Gunakan Dana Desa

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003

    Jakarta, Kominfo - Pelatihan digitalisasi untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diperbolehkan menggunakan Dana Desa. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transportasi, Abdul Halim Iskandar mengatakan penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi akan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM dalam memasarkan produk yang dihasilkannya.

    “Terkait Pemanfaatan Dana Desa, tentu Dana Desa sangat boleh digunakan untuk pelatihan digitalisasi UMKM,” ujar Mendes PDTT dalam acara puncak Bangga Buatan Indonesia - Kilau Digital Permata Flores, Sumba, Timor, Alor dan kepulauan lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur (Flobamora) secara daring dari Jakarta, Jumat (18/06/2021).

    Menurut Mendes PDTT penggunaan Dana Desa untuk pelatihan digitalisasi pelaku UMKM sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Dana Desa dipergunakan untuk apa saja, kecuali yang dilarang.

    "Dalam hal ini, Dana Desa harus difokuskan untuk untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan digitalisasi. Semoga pelaku UMKM terus bergairah sehingga mempercepat kebangkitan ekonomi nasional,” ungkapnya.

    Mendes PDTT juga mengajak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan BUMDes Bersama untuk meningkatkan kapasitas digitalisasinya supaya bisa semakin berkembang. Menurutnya puncak acara Bangga Buatan Indonesia - Kilau Digital Permata Flobamora dinilai menjadi salah satu sarana bagi BUMDes atau BUMDes Besama dan UMKM setempat meningkatkan kapasitas digitalisasinya untuk menngembangkan pasar produknya ke seluruh nusantara.

    “Kami apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya Menko Maritim dan Investasi dan Menteri Komunikasi dan Informatika atas terselenggaranya gerakan nasional bangga buatan Indonesia ini,” tuturnya.

    Berita Terkait

    Cegah Bukti Vaksinasi Palsu, Perjalanan Udara Wajib Gunakan Pedulilindungi

    Informasi hasil tes swab PCR dan bukti vaksinasi sebagai syarat melakukan perjalanan udara juga akan secara otomatis tercantum di aplikasi P Selengkapnya

    Generasi Sy Melek Digital, Potensi Pengembangan Perbankan Syariah

    Perbankan syariah sebagai salah satu layanan jasa keuangan syariah, menjadi sektor yang cukup diminati masyarakat, khususnya Gen Sy, yaitu g Selengkapnya

    Presiden Tinjau Langsung Pelaksanaan PPKM Mikro di Kelurahan Rawasari

    Kepala Negara berharap agar pelaksanaan PPKM mikro ini bisa dilaksanakan secara efektif tidak hanya di tempat yang ditinjau, tetapi di semua Selengkapnya

    Optimasi Peluang UMKM Berbasis Halal, Pemerintah Kembangkan Ekosistem

    Pemerintah memfasiliitasi infastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta pengembangan ekosistem Usaha Mikro Kecil dan Menengah berbas Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA