FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 06-2021

    1929

    Latih Eks Pekerja Migran Kupang, Kominfo Dorong Pengembangan Inovasi Produk Ekonomi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Kupang, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong inovasi produk dan pemanfaatan teknologi digital untuk pengembangan usaha produktif eks pekerja migran.

    Kepala Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Hedi M. Idris menyatakan pelatihan itu ditargetkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan eks pekerja migran.

    "Kementerian Kominfo ingin mengambil peran dalam upaya memberdayakan pelaku UMKM dengan keterampilan digital melalui program Digtal Talent Scholarship (DTS). Salah satunya Thematic Academy yang di desain khusus sesuai kebutuhan industri atau kalangan tertentu, yakni untuk pengembangan usaha eks-pekerja migran Indonesia," ujarnya dalam Pembukaan Pelatihan dan Praktik Digoitalisasi Proses Bisnis Kelompok Usaha Eks Pekerja Migran Indonesia di Kupang, Nusa Tenggara Timur, MInggu (21/06/2021).

    Menurut Kapusbang Proserti Balitbang SDM Kementerian Kominfo pelatihan itu menargetkan peningkatan kewirausahaan digital di kalangan eks pekerja migran yang tinggal di Kabupaten Kupang.

    "Sebagai alternatif dari kegiatan ekonomi yang mengandalkan lahan sekaligus mengurasi migrasi penduduk desa, kewirausahaan bisa dijadikan pilihan. Dengan membekali keterampilan untuk memanfaatkan teknologi, sehingga mampu melahirkan keuntungan yang yang progresif untuk produk unggulan yang dipasarkan," jelasnya.

    Menurut Hedi M. Idris, pelatihan akan menargetkan 1.000 orang eks pekerja migran dari 11 Desa Migran Produktif di seluruh Indonesia. "DI Kabupaten Kupang ini ditargetkan 100 orang peserta yang dilatih untuk mengembangkan proses bisnisnya melalui digitalisasi kelembagaan dan manajemen keuangan, pemasaran digital, dan pengembangan inovasi produk secara digital," jelasnya.

    Pelatihan IT untuk Eks Pekerja Migran merupakan salah satu pelatihan Thematic Academy dalam Program DTS Tahun 2021. Pelatihan itu digelar bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana.

    Pembukaan pelatihan juga dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nusa Cendana, Chriestin C. Foenay. Kemudian dilanjutkan dengan materi dari Pendiri Lamoringa, Andree Hartanto; dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana, Mariana N. Letuna.

    Pelatihan Digitalisasi Kelompok Ekonomi Eks Pekerja Migran Indonesia terdiri dari tiga klaster yaitu Digitalisasi Kelembagaan dan Manajemen Keuangan, Pemasaran Digital dan Pengembangan Inovasi Produk secara Digital, serta topik pilihan mengenai Ekspor. Pengembangan silabus pelatihan dilakukan dengan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

    Program DTS 2021 ditujukan untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0. sehingga setiap orang bisa memanfaatkan dan menciptakan nilai tambah dari platform digital.

    Selain Thematic Academy, dalam Program DTS terdapat Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Profesional Academy, Government Transformation Academy dan Digital Entrepreneurship Academy. Tahun 2021 dengan target peserta 100 ribu orang seluruh Indonesia, Program DTS ditambah dengan Talent Scouting Academy. 

    Pasca Pelatihan, Kementerian Kominfo juga menyiapkan pendampingan dan aplikasi Simonas agar dapat memfasilitasi bertemunya talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi atau peluang wirausaha lainnya.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Fasilitas Sulih Bahasa Isyarat dari Kominfo Bantu Teman Tuli Ikuti Debat Capres 2024

    Fasilitas itu sangat bermanfaat sekali untuk teman-teman tuli yang menyaksikan Debat Capres dan Cawapres Pemilu 2024. Selengkapnya

    Capai 92 Persen, Kominfo Targetkan BBPPT Berkelas Dunia

    Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo Ismail menegaskan pembangunan akan rampung tahun ini dan menargetkan mendapat predikat World Class Testing Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA