FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 07-2021

    311

    Pemerintah Tambah Tempat Isolasi Covid-19 dan Optimalkan Telemedicine bagi Masyarakat

    Kategori Berita Pemerintahan | doni003
    Relawan membagikan nasi bungkus kepada warga di Warung Makan Gratis Uwais, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (6/7/2021). Selama penerapan PPKM darurat Jawa-Bali, Rumah Makan Gratis Uwais menyiapkan 400 porsi makanan per hari bagi warga sekitar yang membutuhkan serta warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di kawasan tersebut. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Pemerintah terus berupaya menambah lokasi isolasi dan perawatan bagi pasien konfirmasi positif Covid-19. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyebut bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) untuk menyiapkan hal tersebut, khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

    “Mengenai rumah sakit, kita bekerja sama dengan BNPB di DKI Jakarta akan membangun 900 tempat tidur untuk merawat pasien Covid-19 di Wisma Haji, Pasar Rebo. Mudah-mudahan itu bisa selesai dalam dua hari kedepan. Ada 900 tempat tidur yang bisa kita pakai dan ditambah 50 tempat tidur ICU yang bekerja sama dengan Kementerian BUMN,” ujar Menteri Kesehatan dalam keterangan pers secara virtual seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo melalui konferensi video dari Jakarta, Selasa (06/07/2021).

    Lokasi lain yang telah dipersiapkan sebagai tempat isolasi yaitu rusun Nagrak dan rusun Pasar Rumput dengan daya tampung sekitar 7 ribu tempat tidur. Dengan dipersiapkan dua lokasi ini, Menteri Kesehatan mengatakan bahwa kemampuan penanganan pasien Covid-19 di Wisma Atlet akan dinaikkan dua kali lipat.

    “Kita sudah menaikkan dua kali lipat kemampuan Wisma Atlet. Untuk tempat isolasi, dengan bantuan BNPB, kita siapkan sekitar 7 ribu tempat tidur isolasi di Wisma Nagrak dan Rusun Pasar Rumput. Dengan demikian, bisa kita tampung untuk masuk ke tempat tidur isolasi terpusat atau juga masuk ke tempat tidur rumah sakit. Tempat tidur isolasi terpusat ada tadi sekitar 7 ribu, sedangkan tempat tidur rumah sakit ada tambahan sekitar 950 tempat tidur,” tambahnya.

    Selain itu, Kementerian Kesehatan juga telah melakukan kerja sama dengan sebelas platform telemedicine untuk membantu pasien konfirmasi Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. Menurut Budi, melalui platform ini pasien dapat melakukan konsultasi gratis dengan dokter dan mendapatkan layanan obat gratis dari Kemenkes.

    “Untuk sementara, layanan telemedicine dengan sebelas platform ini dilakukan di DKI Jakarta. Dan berlaku untuk orang yang sudah positif terkena Covid-19 yang telah dikonfirmasi dari data laboratorium yang ada di basis data Kemenkes. Kemudian, mereka dapat melakukan konsultasi gratis oleh telemedicine dan obatnya akan digratiskan dari kita,” lanjutnya.

    Upaya lain yang juga dilakukan pemerintah adalah memastikan program satu juta vaksin per hari di bulan Juli dapat terus tercapai. Bahkan jika memungkinkan, Presiden Jokowi berharap target vaksinasi dapat dinaikkan hingga lima juta dosis per hari.

    “Jadi kami sampaikan bahwa bulan Juli ini akan datang 31 juta dosis vaksin. Kami memperkirakan dengan satu juta dosis rata-rata harusnya kita bisa capai. Bulan Agustus akan datang lagi 45 juta dosis vaksin. Jika kita bisa naikkan vaksinasinya setiap hari, maka beberapa hari bisa sampai ke dua juta vaksin per hari. Presiden tadi juga menambahkan kalau perlu bisa dinaikkan sampai lima juta vaksin per hari,” ujarnya.

    Berita Terkait

    Pemerintah Percepat Pemberian Vaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat

    “Pemerintah ingin mempercepat proses vaksinasi terutama untuk yang [dosis] pertama dan yang [dosis] kedua, untuk mengejar kekebalan kelomp Selengkapnya

    Percepatan Vaksinasi Covid-19, Kunci Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka

    “Vaksinasi ini menjadi kuncinya. Yang paling penting, itu game changernya. Karena itu kita terus melakukan upaya-upaya percepatan,” tega Selengkapnya

    Pemerintah Inisiasi Pemberian Sertifikasi TKDN Gratis bagi IKM

    Pemerintah terus berupaya membangkitkan kembali gairah usaha para pelaku industri dalam negeri di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Sa Selengkapnya

    Presiden Tinjau Vaksinasi Kolaborasi Kebangsaan bagi Para Pelajar

    Kegiatan vaksinasi serupa juga dilaksanakan secara serentak di sejumlah wilayah lain dengan total peserta mencapai 16.279 orang, dengan rinc Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA