FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 09-2021

    57

    Menkominfo: Presidensi G20 Momentum Percepat Pemulihan Ekonomi dan Bangun Ketahanan Global

    SIARAN PERS NO. 329/HM/KOMINFO/09/2021
    Kategori Siaran Pers
    - (AYH)

    Siaran Pers No. 329/HM/KOMINFO/09/2021

    Selasa, 14 September 2021

    Tentang

    Menkominfo: Presidensi G20 Momentum Percepat Pemulihan Ekonomi dan Bangun Ketahanan Global 

    Setiap tahun, negara anggota G20 bergilir menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan pertemuan. Indonesia pertama kali terpilih menjadi Presidensi G20 yang berlangsung dari tanggal 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan keputusan itu ditetapkan ketika Indonesia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Riyadh, Arab Saudi, November 2020 lalu. Menurutnya,  momentum presidensi itu akan dimanfaatkan pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

    “Untuk serah terima Presidensi G20 dari Italia kepada Indonesia akan dilaksanakan pada KTT G20 atau G20 Summit di Roma, Italia, tanggal 30 s.d 31 Oktober 2021,” jelasnya dalam Kick Off Press Briefing G20 Presidensi Indonesia yang berlangsung virtual dari Jakarta, Selasa (14/09/2021).

    Menteri Johnny mengungkapkan, momentum terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 juga  dimanfaatkan pemerintah sebagai aksi nyata Indonesia dalam menampilkan kepemimpinan global. 

    “Khususnya, untuk memajukan kerjasama dan kolaborasi dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi global dan membangun ketahanan global yang berkelanjutan,” jelasnya.

    Berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia, Menteri Johnny menyatakan dirinya menjadi Ketua Bidang Komunikasi dan Media.

    Menurut Menkominfo, telah ditetapkan juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto sebagai Ketua I Bidang Sherpa Track, Menteri Luar Negeri Retno L. P. Marsudi sebagai Ketua II Bidang Sherpa Track, Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai Ketua I Bidang Finance Track, Gubernur Bank Indonesia sebagai Ketua II Bidang Finance Track, serta Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara.

    “Masing-masing jalur pertemuan atau sherpa maupun finance track, memiliki agenda dan isu prioritas masing-masing yang merupakan turunan dari tema besar presidensi G20 Indonesia, yakni: Recover Together, Recover Stronger,” ujarnya.

    Berkaitan dengan teknis penyelengaraan, Menteri Johnny memaparkan akan ada 150 kegiatan berupa rapat yang terbagi dalam dua jalur, yakni Sherpa Track mulai tanggal 7 s.d 8 Desember dan Finance Track yang berlangsung dari tanggal 9 hingga 10 Desember 2021.

    “Rapat itu akan dilakukan secara marathon baik itu di tempat puncak acara yang akan ditetapkan maupun di beberapa tempat lainnya yang nanti ditetapkan sebagai penyelenggara acara. Mulai dari ministerial meeting, engagement group meeting hingga rapat-rapat setingkat eselon I. Sedangkan untuk puncak acara Presidensi KTT G20 atau G20 Leader Summit direncanakan akan dilaksanakan di Bali, namun untuk lokasi persisnya akan ditetapkan kemudian,” jelasnya. 

    Pertemuan G20 Summit Indonesia akan menerapkan dua metode, secara virtual dan pertemuan langsun atau tatap muka dengan melihat serta mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19.

    “Untuk pertemuan tatap muka yang dijadwalkan, tentunya akan mengikuti protokol kesehatan yang ketat  Pemerintah memastikan pertemuan G20 nanti akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan penilaian sesuai dengan saran World Health Organization,” tandas Menkominfo.

    Hadir dalam Kick Off Press Briefing G20 Presidensi Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud M. D; Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; serta Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 333/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Dukung Transformasi Peruri, Menkominfo: Manfaatkan Teknologi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendukung pengembangan produk dan pemanfaatan teknologi digital oleh Perum Percetakan Uan Selengkapnya

    Siaran Pers No. 332/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Maksimalkan Manfaat 5G, Menkominfo: Pemerintah Galang Sinergitas 3 Bidang

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan guna memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, Pemerintah menggalang sinergitas a Selengkapnya

    Siaran Pers No. 331/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Percepat Transformasi Digital, Dirjen SDPPI: Tingkatkan Inovasi Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio

    Ketersediaan infrastruktur dan manajemen spektrum frekuensi radio jadi elemen penting transformasi digital di Indonesia. Direktur Jenderal S Selengkapnya

    Siaran Pers No. 330/HM/KOMINFO/09/2021 tentang Jabat Presidensi G20, Menteri Johnny: Kominfo Siapkan Dukungan Komunikasi dan Teknologi

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan untuk mendukung pencapaian agenda dan penyelenggaraan Forum G20, pihaknya tela Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA