FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 12-2013

    2558

    Kesiapan Operator Telekomunikasi Jelang Malam Pergantian Tahun 2013 – 2014

    SIARAN PERS NO. 103/PIH/KOMINFO/12/2013
    Kategori Siaran Pers

    (Jakarta, 31 Desember 2013). Melanjutkan himbauan BRTI kepada para penyelenggara telekomunikasi terkait persiapan perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 yang disampaikan melalui Siaran Pers Kementerian Kominfo pada tanggal 2 Desember 2013, Kementerian Kominfo kembali mengingatkan kepada para penyelenggara telekomunikasi untuk untuk benar-benar minimal menjaga kualitas layanan telekomunikasinya mengingat diperkirakan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi.

     

    Berdasarkan monitoring dan evaluasi layanan telekomunikasi saat menjelang Perayaan Natal 2013 pada minggu yang lalu, maka dapat disimpulkan, bahwa kualitas layanan telekomunikasi cukup baik. Bahwasanya masih ada keluhan dari sejumlah pihak dan berasal dari berbagai daerah, maka hal tersebut dapat dipahami. Meskipun demikian secara umum tidak terjadi gangguan layanan telekomunikasi yang berarti. Persoalan yang ada bisa berasal dari penyelenggara telekomunikasi, tetapi tidak seluruhnya karena kesalahan penyelenggara telekomunikasi, seperti misalnya keluhan akibat seseorang yang berkomunikasi dengan orang lain tetapi sulit berlangsung mengingat destinasinya tidak berada di area yang tercouver BTS. Atau ada juga yang tidak bisa mengakses internet, karena memang ada gangguan penggunasn repeater yang terlalu powerfull dari tempat yang bersangkutan berada.

     

    Khusus untuk pergantian tahun baru yang hanya tinggal beberapa jam lagi, Kementerian Kominfo telah melakukan pengecekan kesiapan ke sejumlah penyelenggara telekomunikasi terkait dengan daya dukung para penyelenggara telekomunikasi di sejumlah sentra keramaian pesta tahun baru, seperti misalnya sekitar Thamrin dan Bunderan HI, Ancol dan TMII Jakarta. Secara umum mereka menyampaikan informasi kesiapannya, baik dengan ada yang menempatkan Mobile BTS, penambahan kapasitas jaringan maupun berkoordinasi langsung dengan Pemda DKI. Pengecekan ini penting karena diperkirakan akan banyak ribuan warga masyarakat yang saling berkomunikasi dan mengabadikan moment-moment penting dengan perangkat telekomunikasi yang terakses internet, sehingga dapat meng- up load -informasi, foto dan videonya secara langsung di media sosialnya.

     

    Himbauan ini tidak hanya ditujukan untuk mem- back up kesiapan pesta tahun baru di Jakarta, tetapi juga di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi-lokasi dimana berlangsung pesta keramaian berlangsung. Dan bahkan mengingat aktivitas Gunung Sinabung di Sumatera Utara masih cukup mengkhawatirkan, maka seluruh komunitas mitra Kementerian Kominfo (baik para penyelenggara telekomunikasi maupun RAPI dan ORARI) tetap menunjukkan kesiagaannya agar komunikasi di daerah bencana sekitar Gunung Sinabung masih aman dan terkendali.

     

    Kepada masyarakat juga disediaakan informasi call center yang sewaktu-waktu bias dihubungi, yaitu: PT Telkomsel dengan 133 (Kartu Halo) dan 155 serta 188 (Simpati dan Kartu AS), PT Indosat dengan 111 dari GSM (Post Paid), 100 dari GSM berbayar Rp 400 pe call (Pre Paid), 111 (Pre Paid), 111 (Star One), 101 dan 104 (layanan internasional), 102 (Indosat Corporate Solution) dan 999 (Indosat Info Center), PT Axis Telekom dengan 838 (panggilan dari nomer Axis) dan 08388000838 (panggilan dari nomer selain Axis), PT XL Axiata dengan 817 (dari nomer XL), PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia dengan 888 dan 878, PT Hutchison 3 Indonesia dengan 123 (dari nomer Tri) dan 089644000123 (dari selain nomer Tri) dan Bakrie Telecom dengan 999 atau 021.9100999 serta Smart Telekom dan Smart Fren dengan 881. Call center atau contact center harus bersifat aktif (bukan answering machine yang pasif), persuasif, komunikatif dan informatif dalam memberikan informasi sebaik mungkin seandainya menerima keluhan, pengaduan dan pertanyaan dari masyarakat. Hal ini selain untuk mengantisipasi kemungkinan fluktuatifnya kualitas layanan telekomunikasi, juga terhadap kemungkinan maraknya penipuan menggunakan layanan SMS.

    ------------

    Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Email: gatot_b@postel.go.id , Tel/Fax: 021.3504024).

    Sumber ilustrasi: http://pixabay.com/p-143092/?no_redirect

     

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 271/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Berantas Judi Online, Pemerintah Segera Bentuk Gugus Tugas Terpadu

    Pembentukan gugus tugas itu bertujuan menyelesaikan permasalahan judi online secara lebih menyeluruh dengan mempertajam koordinasi antarkeme Selengkapnya

    Siaran Pers No. 269/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo Dorong Kolaborasi Perkuat Tata Kelola Keamanan Siber Nasional

    Menteri Budi mendorong kolabrasi dalam mengembangkan tata kelola keamanan siber, khususnya di sektor industri. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 268/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Harap Kehadiran Starlink Dorong Inovasi Operator Seluler

    Guna menciptakan persaingan yang setara antar perusahaan penyelenggara layanan telekomunikasi, Menteri Budi Arie memastikan Starlink harus m Selengkapnya

    Siaran Pers No. 267/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menkominfo: Optimalkan Peluang Jadi Pemain Kunci Pengembang Teknologi Global

    Menurutnya, kunjungan CEO Apple Tim Cook menunjukkan bahwa Apple melihat Indonesia sebagai negara yang strategis untuk pengembangan industri Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA