FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 09-2021

    591

    Apresiasi Darmabakti, Menkominfo: Teruskan Karya untuk Kejayaan Negeri

    SIARAN PERS NO. 346/HM/KOMINFO/09/2021
    Kategori Siaran Pers
    Menkominfo Johnny G. Plate selaku Inspektur Upacara Hari Bakti Postel ke-76 menyematkan dan menyerahkan Piagam Tanda Kehormatan Presiden Republik Indonesia kepada 9 penerima penghargaan, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (27/09/2021).

    Siaran Pers No. 346/HM/KOMINFO/09/2021

    Senin, 27 September 2021

    Tentang

    Apresiasi Darmabakti,  Menkominfo: Teruskan Karya untuk Kejayaan Negeri

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi darmabakti sembilan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Warga Negara Indonesia (WNI) atas pengabdian dalam sektor pos dan informatika.

    Usai upacara peringatan Hari Bhakti Postel ke-76, Menkominfo memberikan anugerah dari Presiden Joko Widodo berupa Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wirakarya. Dalam acara itu, Menteri Johnny memberikan ucapan selamat dan harapan agar karya anak bangsa terus ditingkatkan.

    “Secara khusus saya menyampaikan ucapan selamat kepada sahabat-sahabat saya yang menerima tanda jasa dari pemerintah Republik Indonesia. Teruskan karya-karya anak bangsa untuk kejayaan negeri kita, salam hangat saya untuk seluruh keluarga,” ujarnya dalam Upacara Hari Bakti Postel ke-76, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (27/09/2021).

    Menurut Menkominfo, tepat 76 tahun yang lalu, Soetoko bersama para pemuda yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos, Telegraf, dan Telepon (AMPTT), berjuang mengambil alih Jawatan PTT dari pemerintahan kolonial Jepang pada saat itu. Perjalanan sejarah itu dinilai merupakan titik awal perkembangan pos dan telekomunikasi di Indonesia.

    “Momentum perjuangan ini merupakan titik awal dalam perkembangan sektor pos dan telekomunikasi Indonesia, yang terus kita bangun juga kembangkan bersama-sama agar semakin tangguh serta terus bertumbuh,” jelasnya.

    Menteri Johnny menegaskan semangat yang tercermin dalam peringatan Hari Bhakti Postel ke-76, denganmengusung tema ‘Semakin Digital, Indonesia Semakin Tangguh dan Tumbuh' itu, untuk memperkuat kolaborasi.

    “Mari kita terus perkuat kolaborasi meneruskan semangat perjuangan Bapak dan Ibu Veteran Postel dalam memberikan bhakti yang berkontribusi terhadap kemajuan sektor pos dan telekomunikasi Indonesia. Bersama-sama kita wujudkan transformasi digital Indonesia demi ketangguhan dan pertumbuhan nasional Indonesia yang semakin maju, Indonesia Terkoneksi: Semakin Digital, Semakin Maju,” tandasnya.

    Penerima Tanda Kehormatan

    Sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 100/TK/Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan, dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101/TK/Tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wirakarya.

    Penganugerahan itu diberikan tepat pada peringatan Hari Bhakti Postel ke-76 tahun.

    Adapun Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan sesuai Kepres Nomor 100/TK/Tahun 2021 diberikan kepada empat Warga Negara Indonesia, antara lain:

    1. Executive Vice President (EVP) Telkom Regional I Sumatera, PT. Telkom Indonesia Tbk; Machsus Kusuma Apriyono. Atas jasanya yang berhasil menginisiasi dan membangun infrastruktur telekomunikasi melalui program Sejuta Hotspot, STB Hybrid dan Modern Broadband Island/Province di Kalimantan, Jawa Barat, dan Sumatera termasuk wilayah 3T (Putussibau, Malinau, Nunukan, Kepulauan Natuna, Anambas, dan Sabang).
    2. Direktur Utama  PT. Daya Mitra Telekomunikasi; Theodorus Ardi Hartoko. Atas jasanya berhasil membangun dan mengembangkan infrastruktur menara telekomunikasi 516 BTS Perbatasan dan 60 BTS Transmisi Backbone di Papua, Nusa Tenggara Barat, dan Natuna (Site Pulau Subi Besar, Pegunungan Bintang dan Pueta).
    3. Executive Vice President (EVP) Telkom Regional VI Kalimantan; Raden Riyanto Utomo. Atas jasanya berhasil menginisiasi dan mengimplementasikan Kalimantan sebagai The First Broadband Island in Indonesia melalui modernisasi teknologi Full Fiber Optic dan penerapan Digital Transformation layanan telekomunikasi internet kecepatan tinggi yang dinikmati oleh 800 ribu masyarakat untuk akses informasi dan internet.
    4. Executive General Manager Divisi Planning dan Deployment PT. Telkom Indonesia, Tbk; Lukman Hakim Abdul Rauf. Atas jasanya berhasil membangun Telkom Group Integrated Operation Center (TIOC) menjadi Pusat Kendali Nasional infrastruktur dan layanan Telkom Group yang aktif beroperasi 24/7 dalam misi kemanusiaan sebagai pusat komando crisis center.

    Sedangkan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya sesuai Kepres Nomor 101/TK/Tahun 2021, diberikan kepada lima PNS dan WNI dengan lampiran masing-masing sebagai berikut:

    1. Direktur Strategic Portofolio PT. Telkom Indonesia, Tbk; Budi Setyawan Wijaya. Atas jasanya berperan aktif dalam bidang telekomunikasi melalui pengembangan platform musik digital, konten, dan industri kreatif dengan menampung industri musik Indonesia berupa Service Ring Bagtones, download video dan telah memperoleh 2 juta lisensi lokal dan 6 juta lisensi internasional.
    2. Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT. Pos Indonesia (Persero); Charles Sitorus. Atas jasanya berperan aktif di bidang pos dan telekomunikasi dengan mengembangkan program O-Ranger dan layanan e-commerce dalam bentuk pola kemitraan yang mengubah pola penjualan fixed cost menjadi variable cost dan inbound sales menjadi outbond sales.
    3. General Manager Regulatory Telecommunication PT. Telkomsel; Daniswara Pandina. Atas jasanya berhasil menginisiasi dan mengembangkan model implementasi jaringan seluler VSAT IP dengan mengaplikasikan teknologi Pico BTS over VSAT IP, dengan menyediakan layanan seluler di kapal berkapasitas di atas 1000 penumpang.
    4. Deputi EVP Digital Platform dan Enabler PT. Telkom Indonesia, Tbk; Komang Budi Aryasa. Atas jasanya berperan aktif dalam bidang telekomunikasi melalui pengembangan platform Big Data yang menyediakan teknologi pada publik/private/intergovernanalitics sector data sebagai tools dalam pengambilan keputusan sistem informasi, antara lain Big Data Ketahanan Energi di Pertamina, Analis Perundang-undangan, dan Bigwan di Jawa Tengah.
    5. Vice President Sekretaris Perusahaan dan Perencanaan Strategis PT Industri Telekomonukasi Indonesia (Persero); Rizqi Ayunda Pratama.  Atas jasanya berperan aktif dalam bidang industri telekomunikasi melalui pengembangan sistem pemilihan kepala desa berbasis elektronik (e-Voting), yang terdiri dari aplikasi DPT, Aplikasi Generator, bilik suara dengan sentuh panel komputer yang sudah direalisasikan di 1000 desa di 27 Kabupaten seluruh Indonesia.

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id


    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 372/HM/KOMINFO/10/2021 tentang Tak Sekadar Kejar Rating, Menkominfo Ajak Media Hadirkan Kualitas Konten Berkualitas

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak industri media penyiaran di Indonesia untuk memperhatikan kualitas konten. Menur Selengkapnya

    Siaran Pers No. 371/HM/KOMINFO/10/2021 tentang Menteri Johnny: Pemerintah Akan Lakukan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Presiden memperhatikan banyak sekali penyalahgunaan atau tindak pidana di dala Selengkapnya

    Siaran Pers No. 370/HM/KOMINFO/10/2021 tentang Lantik 5 Dewas LPP RRI, Menkominfo Dorong Perluas Jangkauan Informasi Publik

    Menkominfo mengharapkan keberadaan dewan pengawas makin mendorong semangat untuk terus memperluas jangkauan informasi publik yang bermanfaat Selengkapnya

    Siaran Pers No. 369/HM/KOMINFO/10/2021 tentang Hadiri ITU Digital World 2021, Sekjen: Teknologi Digital Jadi Tulang Punggung Pemulihan Pascapandemi

    Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan teknologi digital menjadi tulang punggung penanggulangan pandemi dan pemulihan pasca Covi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA