FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    05 11-2021

    392

    PEPARNAS XVI, Tumbuhkan Semangat Kesetaraan dan Persamaan

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jayapura, wapresri.go.id –  Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) merupakan ajang kompetisi olahraga bagi atlet difabel. Ajang ini menjadi sangat istimewa karena para atlet mampu mendobrak batas sekaligus menjadi pemenang seperti layaknya mereka yang bukan penyandang cacat. Untuk itu, melalui PAPERNAS XVI Tahun 2021 ini, diharapkan bangsa Indonesia dapat merasakan semangat kesetaraan dan persamaan.

    “PEPARNAS juga bukan sekedar kompetisi olahraga. Tetapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi bangsa Indonesia semua,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin ketika membuka PEPARNAS XVI Tahun 2021 di Stadion Mandala, Jayapura, Jumat (05/11/2021).

    Wapres mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyambut PEPARNAS ini dengan semangat persaudaraan untuk mendukung pemerintah yang telah berkomitmen memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara.

    “Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan “Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi!”,” imbau Wapres penuh semangat.

    Wapres pun meyakini bahwa PEPARNAS tahun ini yang diselenggarakan di Papua akan kembali sukses, seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang juga digelar di Papua dan ditutup oleh Wapres.

    “Saya yakin Paralimpik ini akan sukses kembali, karena masyarakat Papua adalah masyarakat pecinta olahraga dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat,” kata Wapres optimis.

    Dalam kesempatan tersebut, Wapres memberikan apresiasi  kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Para Gubernur, Ketua Umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus, dan seluruh pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan pelaksanaan PEPARNAS ini.

    “Secara khusus saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara saya, sa pu sodara  Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe dan seluruh jajaran pemerintah daerah Papua selaku Panitia Besar PEPARNAS Tahun 2021,” ucap Wapres.

    “Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras serta dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpik Nasional,” sambungnya.

    Dobrak Batas Diri

    Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menuturkan bahwa Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) adalah ajang untuk mendobrak batas diri dan keluar sebagai pemenang.

    “Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga, tetapi lebih dari itu, ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua,” tegasnya.

    Di samping itu, menurut Wapres, ajang Peparnas juga merupakan pembuktian komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang setara bagi setiap warga negara.

    “Mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangsa sesuai dengan semboyan, Sehati Mencapai Tujuan, Ciptakan Prestasi,” ajak Wapres bersemangat.

    Lebih jauh, Wapres pun meyakini bahwa pelaksanaan Pekan Paralimpik ini akan sukses kembali seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 Papua pada Oktober lalu. Menurutnya hal ini karena masyarakat Papua adalah pecinta olahraga dan tuan rumah yang hangat.

    “Sukses ini, sekali lagi, akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

    Pada kesempatan ini, Wapres menyampaikan apresiasinya kepada seluruh kontingen dari seluruh wilayah tanah air yang akan berlaga dalam Peparnas Papua kali ini. “Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara,” tegasnya.

    Para atlet, pelatih, ofisial, dan seluruh pendukung Peparnas, sambung Wapres, adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah. “Tularkan jiwa yang tidak pernah takut gagal, sukses menanti kalian semua,” pintanya.

    Terlebih kepada para atlet yang merupakan para penyandang disabilitas, Wapres memberikan semangat bahwa mereka harus mampu melakukan apa yang orang lain bisa lakukan dan meraih prestasi yang melampaui cita-cita. “Hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi,” pungkasnya.

    Kepada para seluruh kontingen yang akan berlaga di PEPARNAS XVI Papua, selain memberikan apresiasi, Wapres juga mengobarkan semangat untuk berkompetisi, bahkan ia juga mengucapkannya dalam bahasa Papua.

    “Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara. Saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi, dan pantang menyerah. Tularkan jiwa yang tidak pernah takut gagal, sukses menanti kalian semua. Saya mengajak seluruh atlet dan masyarakat Papua yang hadir malam ini untuk mengulangi apa yang saya katakan “Kalo Dorang Bisa, Ko Juga Bisa”. Selamat berkompetisi, bangun sportivitas yang tinggi untuk meraih prestasi,” ungkapnya. 

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan secara virtual bahwa ia tidak dapat hadir secara langsung untuk membuka PEPERNAS XVI ini, karena masih dalam karantina setelah kembali dari kunjungan kerja ke Uni Emirat Arab, Italia dan Skotlandia. Namun, ia berjanji akan hadir langsung untuk menutup ajang kompetisi olahraga tersebut.

    “Tapi saya lebih memilih hadir di acara  penutupan [PEPARNAS VXI] nantinya di Jayapura,” ucapnya.

    Sementara, Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senni Marbun mengapresiasi Pemerintah Indonesia yang telah memberikan perhatian khusus terhadap atlet dan kompetisi paralimpik di Indonesia. Menurutnya, di pemerintahan saat inilah yang berani membuat gebrakan kesetaraan dan persamaan bagi para atlet difabel.

    Gubernur Papua Lukas Enembe selaku Ketua Panitia PEPARNAS XVI yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada atlet Paralympic Games Tokyo 2020 yang telah berhasil membawa 9 medali.

    Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak mendeskriminasi para atlet difabel dan menjunjung kesetaraan, karena mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk mengharumkan nama bangsa.

    “Kenalilah aku karena kemampuanku bukan karena keterbatasanku,” ucapnya memberikan motivasi.

    Penyelenggaraan PEPARNAS XVI Tahun 2021 yang berlangsung dari tanggal 2-13 November 2021 pada 12 venue tersebar di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. PEPERNAS tahun ini mempertandingkan 12 cabang olahraga dengan 654 nomor pertandingan, diikuti 2.146 atlet dan 1463 ofisial dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

    Hadir pula dalam acara tersebut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai,  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy,  para tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Papua.

    Sementara Wapres didampingi oleh Plt. Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah dan Arif Rahman. 

    Berita Terkait

    Pemerintah Cabut Ribuan Izin Usaha Tambang, Kehutanan, dan HGU Perkebunan

    Pemerintah terus memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar ada pemerataan, transparan dan adil, untuk mengoreksi ketimpangan, ketidakadi Selengkapnya

    Jadi Prioritas AKN BPK III, Kominfo Tumbuh Signifikan secara Keuangan dan Pelayanan

    Menurut Anggota BPK III Achsanul Qosasi, Kementerian Kominfo merupakan menjadi satu-satunya lembaga negara yang tidak dilakukan refocusing a Selengkapnya

    Indonesia Tegaskan Komitmen Dukung Kesetaraan Gender

    Pemerintah Indonesia menegaskan komitmen mendukung kesetaraan gender melalui peningkatan peran perempuan di tingkat nasional maupun global. Selengkapnya

    Wapres Ingatkan Persatuan dan Pemberdayaan Umat

    “Ke depan yang justru harus kita lakukan adalah, bagaimana menjaga umat (Himayatul Ummah) yang merupakan mayoritas dari bangsa ini dan pen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA