FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 11-2021

    1236

    Lindungi Masyarakat, Pemerintah Gencarkan Penggunaan QRCODE PeduliLindungi

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004
    Pengunjung memindai kode batang (QR code) aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki pusat perbelanjaan di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (1/10/2021). Mulai 1 Oktober 2021, pemberlakuan syarat wajib sertifikat atau kartu vaksinasi serta penerapan aplikasi PeduliLindungi diterapkan di sejumlah pusat perbelanjaan untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19. - (antarafoto)

    Jakarta Pusat, Kominfo -Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan aplikasi PeduliLindungi juga sudah terintegrasi dengan aplikasi lainnya mulai dari taksi online hingga platform e-commerce.  Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan juga mengintegrasikan PeduliLindungi  dengan berbagai aplikasi yang serupa di negara lainnya.

    Menko Luhut  mengapresiasi konsistensi penggunaan QRCODE PeduliLindungi untuk perlindungan masyarakat Indonesia dan mendorong penggunaannya secara optimal.

    “Kalau saya ibaratkan dengan kondisi perang dengan PeduliLindungi kita sudah punya senjata canggih untuk mencegah kasus kembali meningkat,” tuturnya dalam Webinar Konsistensi Penggunaan QRCODE PeduliLindungi untuk perlindungan masyarakat indonesia secara daring dari Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021).

    Namun demikian, Menko Luhut mengatakan bahwa senjata yang paling canggih sekalipun tidak akan efektif jika tidak digunakan dengan baik. Hal itu   dikatakan karena Menko Marves melihat kedisiplinan pemakaian aplikasi Peduli Lindungi mulai menurun seiring  menurunnya jumlah kasus positif.

    Menko Luhut menyatakan pada awal penerapannya PeduliLindungi masih mengalami masalah namun saat ini PeduliLindungi telah berkembang sangat pesat. “Hanya dalam tiga setengah bulan PeduliLindungi telah digunakan lebih dari 170 juta kali dengan penggunaan harian mencapai lebih dari 3 juta kali,” ujarnya.

    Padahal yang  paling membanggakan dari aplikasi PeduliLindungi  ini sepenuhnya dibuat dikembangkan oleh anak-anak muda bangsa Indonesia. “Dengan PeduliLindungi sebagai bagian integral dari strategi penanganan Pandemi Covid-19 hingga saat ini kita mampu menjaga kasus tetap pada tingkat yang rendah, meski mobilitas aktifitas  masyarakat sudah sangat meningkat tajam,” urai Menko Luhut.

    Secara detil, dia juga menjelaskan bahwa dalam 10 hari terakhir jumlah kasus harian nasional  mampu dijaga di bawah kisaran 500 kasus per hari dan angka kematian juga menurun drastis. “Namun sekali lagi kita tidak boleh lengah, kita harus tetap hati-hati karena saat ini kasus dunia kembali meningkat ,” tegas Menko Luhut.

    Lebih lanjut, kehati-hatian perlu dipertimbangkan atau dilakukan sehingga potensi kenaikan mobilitas pada periode Natal dan Tahun baru tidak terjadi. “Jika nanti persipan perayaan Natal dan tahun baru dilakukan tindakan-tindakan oleh pemerintah untuk membatasi kegiatan-kegiatan kita, saya mohon masyarakat paham supaya Quartal 1 tahun depan kondisi bisa lebih baik,” pintanya.

    Di akhir paparannya Menko Luhut menyampaikan apresiasi pada Hippindo yang telah memainkan perannya dengan baik. “saya minta kita semua tetap bahu membahu untuk bekerja sama menuntaskan penyelesaian masalah ini dan saya yakin kalau kita semua kompak semua bekerja sama dengan baik semua masalah bisa dapat kita selesaikan,” pungkasnya.

    Sumber

    Berita Terkait

    Pemerintah Siapkan Pemindahan ASN Hingga Digitalisasi di IKN

    Penerapan smart city di IKN menjadi kesempatan yang tepat untuk mengakselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    Lewat PP No. 14/2024, Pemerintah Berikan THR dan Gaji ke-13 bagi ASN

    Pemberian THR dan gaji ke-13 ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh aparatur negara yang telah, sedang, dan ke depan akan te Selengkapnya

    Upaya Pemerintah Kembangkan Parekraf Berkelanjutan di IKN

    Menparekraf menjelaskan berbagai upaya dilakukan dalam mendukung pengembangan parekraf berkelanjutan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA