FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 12-2021

    192

    Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Menkominfo Ajak Masyarakat Tidak Panik dan Tetap Waspada

    Kategori #Produktif&Aman | mth

    Jakarta Pusat, Kominfo - Menanggapi informasi masuknya Omicron ke Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengajak masyarakat untuk tidak panik, tetapi terus menjaga dan meningkatkan kewaspadaan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, mempercepat vaksinasi, serta mempertahankan pola hidup sehat. Selain itu, memasuki momen liburan Natal dan Tahun Baru, masyarakat kembali diingatkan untuk bijak bepergian serta mematuhi aturan karantina.

    “Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mengumumkan di temukannya variant of concern Omicron di Indonesia, yang memang penyebarannya kita ketahui sangat cepat. Menyikapi hal ini, kami harap masyarakat jangan menjadi panik. Tetap tenang, pertahankan sikap waspada, tingkatkan protokol kesehatan dan segera lengkapi vaksinasi. Juga, bantu pemerintah memperkuat pelaksanaan 3T atau Testing, Tracing, Treatment,” imbau Menteri Johnny di Jakarta Pusat, Kamis (16/12/2021).

    Menkominfo menekankan, sebagaimana para pakar kesehatan selalu mengingatkan, apapun varian virusnya, protokol kesehatan adalah tindak pencegahan utama agar virus Covid-19 tidak leluasa masuk ke tubuh manusia. Kemudian, jikalau pun virus masuk ke tubuh, vaksinasi akan mencegah terjadinya gejala sakit berat juga akibat buruk lainnya.

    “Hal ini kita rasa semua orang sudah mengetahuinya, namun akan tetap kita ulang dan peringatkan, karena terbukti tetap saja ada yang lupa atau lalai. Kita harus saling mengingatkan dan saling menjaga, karena pengendalian COVID-19 merupakan upaya kolektif,” jelasnya.

    Menteri Johnny juga kembali meminta masyarakat untuk bijak melakukan aktivitas liburan, karena peningkatan mobilitas sudah mulai terlihat jelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    “Lebih baik di rumah saja. Namun seandainya memang harus bepergian, pastikan kita sehat , taati seluruh aturan pengetatan Nataru, pergunakan PeduliLindungi dengan baik, dan jangan lupa perketat prokes,” tuturnya.

    Menkominfo mendorong masyarakat segera melengkapi vaksinasi, karena vaksin menjadi benteng kekebalan kelompok yang harus segera dikuatkan.

    “Program vaksinasi anak 6-11 tahun yang sudah ditunggu-tunggu para orang tua, sekarang sudah dimulai. Jangan ragu, ayo segera vaksin anak-anak kita karena memiliki andil penting untuk perlindungan keluarga. Juga vaksinasi lansia, harus tetap menjadi prioritas agar kelompok rentan ini segera terlindungi,” ujarnya.

    Selain itu Menteri Johnny mengingatkan agar setiap orang tetap menerapkan gaya hidup sehat serta berpikir optimistis.

    “Satu hal lagi, tingkatkan gaya hidup sehat, berpikir optimis. Semoga dengan berbagai upaya tersebut, perkembangan Omicron dan varian-varian virus lainnya dapat kita tekan dan Indonesia tetap berangsur pulih,” tandasnya.

    Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

    Fentya Dwi (0812-8451-9595)

     

    Berita Terkait

    Kedatangan Lebih 400 ribu Vaksin AstraZeneca, Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Pilih-Pilih Vaksin

    "Lancarnya kedatangan vaksin, membuat upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi jadi lebih optimal," ujar Direktur Jenderal Informasi Selengkapnya

    Pemerintah Terus Percepat Vaksinasi, Masyarakat Diimbau Tetap Tegakkan Prokes

    Belajar dari pengalaman di berbagai negara, dengan ditemukannya 1 kasus transmisi lokal Omicron, maka angka kenaikan kasus cenderung lebih c Selengkapnya

    Waspada Omicron, Masyarakat Diimbau Kurangi Mobilitas Selama Nataru

    Pemerintah mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi mobilitas, terutama pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 20 Selengkapnya

    Kepatuhan Prokes Masyarakat Bagian dari Upaya Bela Negara

    Dahnil menjelaskan bahwa saat ini, bela negara dan nasionalisme telah menjadi nilai universal bagi semua negara di dunia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA