FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 01-2022

    885

    Sinergisitas Perkuat SDM Digital, Kominfo Luncurkan DTS 2022 di Jateng

    SIARAN PERS NO. 27/HM/KOMINFO/01/2022
    Kategori Siaran Pers

    Siaran Pers No. 27/HM/KOMINFO/01/2022

    Rabu, 26 Januari 2022

    Tentang

    Sinergisitas Perkuat SDM Digital, Kominfo Luncurkan DTS 2022 di Jateng 

    Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 untuk Provinsi Jawa Tengah.  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan pelaksanaan DTS 2020 melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyiapkan masyarakat digital Indonesia 2045.

    “Capaian Program DTS 2021 dari 34 Provinsi se Indonesia sebanyak 109.917 peserta. Dari data capaian program DTS 2021, Provinsi Jawa Tengah berada dalam urutan 14, sebanyak 7.746 peserta. Tahun ini Kominfo menargetkan sebanyak 20.000 peserta pelatihan,” jelasnya dalam Launching Digital Talent Scholarship 2022 Provinsi Jawa Tengah, di Surakarta, Rabu (26/01/2022).

    Hary Budiarto menjelaskan Program DTS 2022 secara nasional menargetkan 200.000 peserta. Program itu terdiri dari beberapa akademi yang menyediakan beasiswa pelatihan digital dengan target sasaran yang berbeda.

    “Ada targetnya masyarakat umum untuk kewirausahaan digital melalui Digital Entrepreneurship Academy. Ada pula Thematic Academy dengan tujuan menyiapkan keahlian praktis salah satunya untuk pelaku UMKM,” jelasnya.

    Program DTS 2022 juga menyediakan sertifikasi yang diperuntukkan profesional, mahasiswa dan SMK.  Kepala Balitbang SDM Kementerian Kominfo menyatakan pihaknya juga menyiapkan Digital Leadership Academy, untuk membekali pimpinan lembaga dan peerusahaan dengan keahlian digital. “Targetnya praktisi tingkat pimpinan sebanyak 400 peserta pelatihan,” ujarnya.

    Mengenai pelaksanaan pelatihan, Hary Budiarto menyatakan Kementerian Kominfo melibatkan pemeritah daerah agar bisa tercapai target 200.000 peserta secara nasional. Saat ini menurutnya di Jawa Tengah “Kami bersinergi dengan pemerintah daerah, termasuk dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten di Jawa Tengah. Hingga saat ini telah ditandatangani kesepakaran dengan Pemkab Tegal untuk penyelenggaraan pelatihan bagi 10.000 peserta, sedangkan Pemkab Blora 5.000 peserta,” jelasnya. 

    Sinergisitas

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan digitalisasi UMKM di Jawa Tengah telah dilakukan melalui Program Ruang Lingkup Digital (RONDI) dan UMKM Virtual Expo (UVO). Ada pula promosi melalui media sosial dinas, produk UKM kuliner bekerja sama dengan marketplace Go-Food VIP Banner.  “Kemudian promosi produk UMKM melalui ‘Lapak Ganjar’ dan Pelatihan Marketing Online,” jelasnya.

    Menurut Gubernur Jateng, hal itu dilakukan agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan pemasaran produk.  “Saatnya pelaku UMKM ikut perkembangan zaman. Kurangi pemasaran produk secara tradisional, sekarang harus melek digital,” tegasnya.

    Gubernur Ganjar Pranowo menilai pemanfaaran teknologi digital sudah saatnya dilakukan karena akan bisa memacu kreasi dan inovasi. “Di Jawa Tengah, 26,536 juta dari total populasi 37,5 juta jiwa. Pengguna internet Jateng tertinggi kedua setelah Jawa Barat. Ini harus dimanfaatkan, karena digitalisasi memunculkan kreasi dan inovasi,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi pelaksanaan DTS 2022 dan berharap kolaborasi itu akan bisa meningkatkan kemampuan pelaku UMKM. 

    "Di awal tahun kita langsung gas pelatihan 30 ribu calon enterpreneur. Bekerjasama dengan Kementerian Kominfo, kita luncurkan program Digital Talent Scholarship 2022 yang mulai kick off di Surakarta hari ini. Mereka inilah calon-calon pengusaha yang akan turut mewarnai perkembangan dunia digital di Jawa Tengah dan Indonesia," tuturnya.

    Peluncuran DTS 2022 ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Jawa Tengah.Acara peluncuran juga dihadiri Plt. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta, Suwarto; Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho, Sekda, Kepala Dinkominfo Tegal dan Surakarta serta pelaku UMKM yang mengikuti secara offline dan online (zoom).

    Setelah peluncuran selama dua hari dilaksanakan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy dengan materi Pengelolaan Keuangan Digital. Pelatihan yang berlangsung dua hari diikuti pelaku UMKM dari Blora, Tegal dan Surakarta.

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

     

    Berita Terkait

    Siaran Pers No.220/HM/KOMINFO/05/2022 Tentang Perkuat Keamanan Siber Indonesia, Kominfo Gandeng Cisco

    Cyber Security menjadi pekerjaan rumah kementerian yang dipimpinya agar bisa mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Selengkapnya

    Siaran Pers No.219/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Jadi Isu Prioritas DEWG G20, Menteri Johnny Paparkan Tata Kelola dan Penanganan Kejahatan Siber

    Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan dalam isu prioritas tersebut, tata kelola dan manajemen untuk mengatasi cyber crime atau kejahatan sib Selengkapnya

    Siaran Pers No. 218/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Bahas Transisi Energi dan Transformasi Digital di WEF, Menteri Johnny: Industri Global Sangat Berminat

    Menkominfo menyatakan potensi kerja sama dengan mitra perusahaan global itu diperkuat dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memiliki val Selengkapnya

    Siaran Pers No. 217/HM/KOMINFO/05/2022 tentang Menkominfo Temui Founder WEF Bahas Peran Indonesia dalam Isu Global

    Keduanya membahas peran Indonesia dalam isu global diantaranya Presidensi G20, transformasi digital dan transisi energi di Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA