FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 12-2021

    710

    Selamat Hari Ibu, Perempuan Indonesia!

    Kategori Artikel GPR | mth

    Hari ini, 22 Desember 2021, Indonesia memperingati Hari Ibu. Peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah perayaan Mother’s Day seperti di negara lain. Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya merebut kemerdekaan dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa sebagai sumber daya potensial dalam pembangunan dan berbagai lini kehidupan lainnya.

    Peringatan Hari Ibu (PHI) juga menjadi momentum untuk terus mengingatkan seluruh bangsa Indonesia, bahwa perempuan yang jumlahnya mengisi hampir setengah dari populasi masyarakat Indonesia, adalah motor penggerak keberhasilan pembangunan saat ini dan mendatang.

    “Peringatan Hari Ibu bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi perempuan Indonesia, selalu menjadi momen khusus. Hari Ibu bukan saja peringatan untuk mengucapkan terima kasih atas jasa ibu yang begitu istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia, tetapi lebih dari itu, Peringatan Hari Ibu bertujuan mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai bidang pembangunan,” tutur Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga.

    Lebih jauh Menteri Bintang mengatakan setelah hampir dua tahun menghadapi pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kita harus mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi saat ini termasuk kesiapan untuk memasuki babak baru dalam arah dan perjuangan gerakan perempuan di Indonesia. Selama pandemi, terbuki perempuan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjuangan keluarga dan masyarakat untuk mampu bertahan dan bangkit dari beragam kesulitan yang dihadapinya. Peran perempuan sebagai garda terdepan dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19 sangat dirasakan mulai dari mengedukasi keluarga dan masyarakat untuk penerapan protokol kesehatan, terlibat dalam aksi-aksi solidaritas untuk membantu keluarga yang terpapar Covid-19 hingga dalam membangun ekonomi keluarganya.

    Mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, PHI tahun ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti seminar/talkshow/webinar, kunjungan kepada tokoh pejuang perempuan, pasar virtual produk unggulan UMKM perempuan, berbagai lomba, ziarah ke taman makam pahlawan, jumpa pers, pemberian penghargaan dan ditutup dengan acara puncak.

    Bertepatan dengan PHI ke-93 Tahun 2021 kali ini, Kemen PPPA menyelenggarakan acara puncak di Yogyakarta, tempat di mana kongres perempuan pertama diselenggarakan pada tahun 1928. Selain mengenang sejarah perjuangan perempuan, juga sekaligus mengingatkan seluruh perempuan Indonesia bahwa tantangan masa depan sudah tidak lagi sama dengan hari ini.

    Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, acara puncak dilakukan secara hybrid, mengundang para menteri, pimpinan lembaga tinggi negara, Gubernur, Bupati/Walikota, Dinas Pengampu PP dan PA Provinsi dan Kab/Kota seIndonesia, ketua/pimpinan organisasi perempuan, organisasi keagamaan, duta besar/perwakilan negara sahabat, media massa, Forum Anak, tokoh perempuan, serta pemerhati isu perempuan dan anak.

    Melalui Peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 ini, Menteri Bintang berharap seluruh perempuan Indonesia di mana pun berada, tanamkanlah dalam diri dan pikiran, bahwa kita adalah sosok yang kuat, tangguh, dan berdaya. Sosok yang berani bermimpi dan mampu mewujudkannya. Sejarah telah membuktikan begitu banyaknya kiprah dan sumbangsih yang telah dilakukan oleh perempuan baik di masa lalu dan masa kini. Mari tunjukkan segala ide, pemikiran, kreativitas dan inovasi yang kita miliki sebagai kekuatan dalam menghadapi segala tantangan. “Bukan untuk ibu semata, Hari Ibu adalah hari untuk seluruh perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 untuk seluruh perempuan Indonesia. Perempuan Berdaya, Indonesia maju!,” tutup Menteri Bintang

    Berita Terkait

    Rayakan Hari Anak di Tengah Pandemi, Anak Indonesia Gembira di Rumah

    Sejak pandemi Covid-19 melanda, hampir semua masyarakat merasakan dampaknya, tidak terkecuali anak-anak. Mereka dihadapkan pada perubahan po Selengkapnya

    Perlindungan UMKM, Program Pemulihan Ekonomi Nasional

    Eksistensi Covid-19 di Indonesia sudah memasuki bulan ketiga. Yang mulanya menyerang kesehatan, kini merambat hingga masalah perekonomian. Selengkapnya

    Selamat Hari Buruh Internasional 2020!

    Selengkapnya

    Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

    Hari Ibu di Indonesia diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya. Peringatan tersebut didasari Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA