FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 03-2022

    2076

    Uji Coba Distribusi STB, Warga: Siaran Lebih Beragam dan Berkualitas

    Kategori Berita Kominfo | agus103
    Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang bersama Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat, Agung Suprio menyaksikan dalam uji coba STB rumah Eli Eliawati, warga Desa Taba Jambu, Kec. Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Rabu (09/03/2022). - (AYH)

    Bengkulu Tengah, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika memulai Uji Coba Distribusi Set Top Box (STB) di Wilayah Layanan Bengkulu 1. Pembagian STB untuk rumah tangga miskin (RTM) di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah merupakan kerja sama dengan Penyelenggara Multipleksing (MUX) di Bengkulu Grup SCM Emtek.

    Staf khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik, Philip Gobang migrasi televisi (TV) Analog ke TV Digital merupakan bagian dari sejarah bangsa yang dimulai Proklamator Soekarno di Bengkulu. Lewat siaran TV digital, menurutnya konten tayangan TV akan lebih beragam dan berkualitas

    “Kita mesti beralih dari analog ke digital, hal ini menandakan Indonesia mengikuti perubahan-perubahan besar dalam dunia digitalisasi. (Sebagaimana) sejarah bangsa Indonesia yang diawali Bung Karno ketika tinggal di Bengkulu,” ujarnya dalam Pelaksanaan Uji Coba Distribusi STB dari Grup SCM Emtek Wilayah Layanan Bengkulu 1 di Stasiun Transmisi Indosiar Bengkulu, Rabu (09/03/2022).

    Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik menyatakan momen distribusi STB itu menandai partisipasi masyarakat dalam setiap langkah perubahan itu.

    "Tentu saja uji coba yang dilakukan oleh grup SCM dalam distribusi STB ini juga menandai suatu komitmen yang besar dari seluruh lembaga penyiaran yang hari ini dimulai di Bengkulu,” ungkapnya.

    Menurut Stafsus Philip Gobang, Kementerian Kominfo akan terus memberikan stimulus kepada masyarakat agar manfaat dari migrasi ke TV digital.

    “Migrasi TV digital juga manfaat ekonomi untuk masyarakat secara umumnya adalah adanya apa yang disebut dengan digital dividend yang didapat dari migrasi siaran TV analog ke digital. Hal ini bisa menyokong pertumbuhan ekonomi digital,” jelasnya.

    Stafsus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Politik menegaskan uji coba distribusi STB dilakukan agar pesawat TV analog agar dapat menangkap sinyal siaran TV digital.

    "Dengan begitu kita bisa menyaksikan siaran yang tampil dengan gambar yang bersih, suara yang jernih dengan teknologi yang canggih. Bersih, jernih, canggih. Ini satu pesan penting yang bisa kita nikmati mulai hari ini dan seterusnya,” tandasnya.

    Lebih Banyak Lebih Berkualitas

    Stafsus Philip Gobang meninjau langsung pemasangan STB secara gratis ke rumah warga Desa Taba Jambu, Kec. Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Ada 250 unit disiapkan untuk masyarakat kategori rumah tangga miskin.

    Eli Eliawati (52), salah satu warga penerima bantuan STB gratis mengatakan, sebelum menggunakan STB, mereka hanya mendapatkan siaran RTV. Ia mengaku setelah pemasangan STB jumlah siaran TV yang bisa disaksikan bertambah dengan kualitas gambar dan suara yang sangat baik.

    “Sebelum pasang STB, kami hanya bisa nonton siaran RTV. Kalau siaran lain banyak semut. Sekarang sudah dapat banyak siaran. Gambar jernih dan suara jelas,” ujarnya.

    Warga Desa Taba Jambu itu mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Kominfo dan Grup SCM EMTEK yang sudah memberikan STB secara gratis.

    “Terimakasih kepada Kominfo dan grup SCM EMTEK yang sudah memberikan kami STB secara gratis,” tutur Ibu Eli.

    Dalam acara itu, hadir pula Ketua KPI Pusat, Agung Suprio; Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi; Ketua KPID Bengkulu, Fonika Thoyib; Kepala Balai Monitoring Bengkulu, Budiarto; Kepala Stasiun RRI, Nenny Afrantiny; Kadis Kominfo Kan. Bengkulu Tengah, Rahmat Afriadi, dan Sekretaris Dinas Sosial Kota Bengkulu, Yunita Ria.

    Selain itu, hadir pula Direktur Utama Indosiar Visual Mandiri, Sekaligus Direktur Utama Indosiar dan Direktur Grup Surya Citra Media (SCM), Imam Sudjarwo;  Corporate Secretary Grup SCM, SCTV, dan Indosiar, Gilang Iskandar dan Kepala Stasiun RRI Bengkulu, Nenny Afrantiny.

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Dialog Interaktif Merawat Wajah Beranda Lewat Penyiaran Berkualitas

    Penyelenggaraan peringatan Hari Penyiaran Nasional ke-90 di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau dapat menambah semangat dan motivasi untuk meng Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo - DQLab Siapkan Generasi Muda Melek Data

    Kominfo mengharapkan pelatihan itu dapat dimanfaatkan calon talenta digital dengan semua latar belakang pendidikan. Selengkapnya

    Indonesia - Malaysia Bahas Kerjasama Bidang Pers dan Teknologi Digital

    Menteri Johnny menegaskan komitmen untuk saling berbagi informasi dan pengalaman dalam mengelola kebijakan di bidang pers dan teknologi digi Selengkapnya

    Awas Hoaks! Ditlantas Polda Razia Masker dan Terapkan Denda

    Akun Instagram resmi @divisihumaspolri, pihak kepolisian mengklarifikasi bahwa tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA