FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2022

    1281

    Targetkan Unicorn Baru, Kominfo Fasilitasi Startup Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta Pusat, Kominfo -  Kementerian Komunikasi dan Informatika terus membantu pertumbuhan startup digital di Indonesia. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyatakan hal itu sejalan dengan upaya Pemerintah mendorong akselerasi transformasi digital nasional.

    Melalui Program Business Matchmaking HUB.ID, Kementerian Kominfo menargetkan kelahiran unicorn dan decacorn baru di Indonesia.

    "Saya berharap masyarakat Indonesia dapat menjadi produsen teknologi di negeri ini sehingga nantinya muncul unicorn dan decacorn baru di Indonesia," ungkap Dirjen Aptika Kementerian Kominfo dalam sambutan acara Alumni Talks "Leverage Your Network to Scale Up" yang berlangsung secara virtual dari Jakarta Pusat, Kamis (24/03/2022).

    Dirjen Semuel menyatakan percepatan transformasi digital ditandai dengan upaya percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur digital. Menurutnya, peran Kementerian Kominfo tidak hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator yang menyiapkan masyarakat untuk hidup di era ekonomi digital.

    "Melalui penyediaan berbagai program dimulai dari penyiapan talenta digital sampai dengan akselerasi perkembangan industri startup digital," ungkapnya.

    Dirjen Aptika Kementerian Kominfo menyatakan, di sisi hulu, program 1000 Startup Digital dan Startup Studio Indonesia hadir untuk menjaring talenta-talenta digital hingga siap mengambil peran dalam ekosistem ekonomi digital.

    "Di sisi hilir, program HUB.ID disiapkan untuk memfasilitasi startup digital Indonesia melakukan pertemuan bisnis dengan korporasi baik BUMN ataupun swasta, kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, serta investor," jelasnya.

    Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna, menjelaskan Program HUB.ID yang mulai dilaksanakan pada tahun 2021 melibatkan 43 startup digital, 47 partner dari korporasi, BUMN, dan pemerintah.

    "Keberhasilan program ini adalah terciptanya lebih dari 100 peluang kerjasama bisnis baru dan 29 inisiatif investasi yang melibatkan 15 investor," ungkapnya.

    Tumbuh Signifikan

    Salah satu alumni HUB.ID, HiPajak berhasil mendapatkan pendanaan dari 1982 Ventures, sebuah perusahaan modal ventura yang berfokus pada startup fintech di Asia Tenggara.  HiPajak mengembangkan platform asisten virtual untuk perpajakan, berdiri awal 2020, HiPajak mendapatkan pertumbuhan yang signifikan.

    Sejak mengikuti program HUB.ID pada 2021 kini mereka telah merangkul lebih dari 400 ribu pengguna dan 70 ribu UMKM di berbagai wilayah di Indonesia.

    “Kami sangat terbantu dengan adanya program HUB.ID yang membuka akses Kerjasama dengan berbagai pihak seperti korporasi, BUMN dan startup digital lainnya. Harapan kita solusi teknologi kita akan dapat membantu seluruh proses pelaporan pajak dan tidak lagi menjadi hambatan bagi masyarakat,” ungkap CEO and Founder HiPajak, Tracy Tardia.

    Meski terbilang baru pengguna HiPajak memperlihatkan pertumbuhan hingga 100 kali lipat dengan usia pengguna dalam rentang usia 18 s.d. 24 tahun. "Para generasi muda pun kini lebih leluasa untuk mengetahui informasi terkait pajak, konsultasi pajak jika merasa awam, bahkan HiPajak juga dapat membantu pembayaran pajak," jelas Tracy Tardia.

    Staf Ahli Bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak Kementerian Keuangan, Iwan Djuniardi menyatakan pengelolaan pajak saat ini sudah semakin ke arah digital. Menurutnya keberadaan startup seperti HiPajak bisa menjadi solusi untuk masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang pajak dan mendapatkan kemudahan pelayanan pajak.

    “Saya mengharapkan inovasi-inovasi dibidang pajak terus tumbuh dari startup, untuk sama-sama membangun negeri,” ujarnya.

    Koordinator Business Matchmaking Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo menyatakan HUB.ID tahap kedua akan diselenggarakan pada bulan Juni 2022.

    "Dimulai dengan tahapan registrasi, kurasi, hingga Business Matchmaking dengan Pemerintah, korporasi dan investor. HUB.ID dapat menjadi jembatan bagi banyak pemangku kepentingan untuk mendapatkan inovasi teknologi yang disediakan oleh para startup digital” jelasnya.

    Alumni Talks bertema “Leverage Your Network to Scale Up” merupakan acara kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, HUB.ID, HiPajak, dan Direktorat Jenderal Pajak.

    Acara ini ditayangkan juga secara LIVE di YouTube Kemkominfo TV dan HUB.ID itu juga dipandu moderator Manager Editor & Peneliti DailySocial.id Randi Eka Yonida,

    Berita Terkait

    Baksos dan Santunan Anak Yatim, Ketua DWP Kominfo Ingatkan Soal Sedekah

    Ketua Panitia Baksos dan Santunan Anak Yatim DWP Kementerian Kominfo Ilma Nugrahani Ismail menyatakan kegiatan Bakti Sosial Santunan dan Baz Selengkapnya

    Dukung Pemilu 2024 Inklusif, Kominfo Fasilitasi Sulih Bahasa Isyarat Debat Capres dan Cawapres

    Pemerintah memastikan setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik Pemilu 2024. Selengkapnya

    Perkuat Netralitas ASN Selama Pemilu 2024, Kominfo Gelar Sosialisasi

    Menurut Imam Suwandi, ketidaknetralan ASN akan sangat merugikan negara, pemerintah, dan masyarakat. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA