FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 04-2022

    1027

    Lewat Startup4Industry Pemerintah Percepat Transformasi Teknologi Industri

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Jakarta Selatan, Kominfo - Pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi dapat didukung kinerja sektor industri yang makin gemilang. Pada tahun 2021, ekonomi nasional tumbuh positif sebesar 3,69%, seiring geliat industri pengolahan nonmigas yang tumbuh sebesar 0,69%, dan menjadi penopang utama sumber pertumbuhan tertinggi dalam perekonomian nasional.

    Pemerintah mendorong pertumbuhan industri sejalan dengan implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0.  Salah satu program prioritas yang dilakukan adalah mempercepat transformasi teknologi, sehingga industri dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas secara lebih efisien, termasuk industri kecil dan menengah.

    Sejak tahun 2018, Kementerian Perindustrian meggelar program Startup4Industry. Program itu bertujuan menumbuhkembangkan tech startup sebagai penyedia teknologi yang mampu memecahkan permasalahan di sektor industri dan masyarakat. 

    "Langkah ini juga sesuai dengan agenda Presidensi G20 agar revolusi industri 4.0 juga memperhatikan inklusivitas dan sustainability. Transformasi digital menjadi isu prioritas dalam forum G20, ditopang oleh potensi ekonomi digital Indonesia yang diprediksi tumbuh 20% per tahun, hingga mencapai USD146 milliar pada tahun 2025. Ini adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh industri untuk mendapat manfaat besar tersebut,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo mewakili Menteri Perindustrian dalam seminar nasional dan pembukaan program Startup4Industry 2022, Selasa (19/04/2022).

    Sekken Kemenperin mengajak tech startup Indonesia bergabung menjadi bagian ekosistem Startup4Industry.

    “Kami mengapresiasi capaian transformasi teknologi yang dikerjakan dengan inovasi dan solusi dari tech startup Indonesia, sehingga kita juga menjaga semangat Bangga Buatan Indonesia, sekaligus bangga tech startup Indonesia,” ujarnya.

    Startup4Industry merupakan langkah nyata mengembangkan startup berbasis teknologi. Hal itu sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Perindustrian 2020-2024. 

    Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Reni Yanita menyatakan selama empat tahun penyelenggaraan, sudah ada 723 startup yang berpartisipasi dalam program Startup4Industry. 

    "Dengan menghasilkan sebanyak 73 finalis, memfasilitasi 35 proyek implementasi transformasi teknologi serta memfasilitasi 49 hubungan bisnis antara startup dan industri. Bahkan kami juga mengirimkan startup untuk mengikuti pameran di luar dan dalam negeri,”ungkapnya.

    Menurut Direktur Reni Yanita, Startup4Industry akan menjadi kekuatan bersama tech startup, untuk menjaring inisiatif, program, terobosan, bahkan jejaring yang lebih luas sampai di tingkat global.

    “Selaras dengan hal tersebut, dalam lima tahun ke depan, Startup4Industryberupaya membangun reputasi sebagai wadah penyedia teknologi yang terpercaya bagi industri dan masyarakat Indonesia, dan bahkan sampai ke luar negeri,” jelasnya.

    Direktur IKMA Kemenperin menjelaskan, program Startup4Industry diarahkan untuk menyebarkan semangat transformasi teknologi di industri dengan solusi dari tech startup Indonesia. 

    “Dengan berbagi success story, akan menginspirasi industri dan masyarakat untuk segera memulai perjalanan transformasi teknologi dengan tujuan akhir peningkatan daya saing, nilai tambah, serta efisiensi sektor industri,” harapnya.

    Menurut Direktur IKMA Kemenperin program Startup4Industry tahun 2022 bertema “Inspiring Industry Transformation” Oleh karena itu, Direktur Reni mengajak tech startup Indonesia untuk berpartisipasi dalam Kompetisi Startup4Industry 2022 dan menjadi inspirasi bagi Indonesia untuk bergerak menuju industri 4.0.

    “Harapan kami, Startup4Industry akan terus menjadi besar dan luas dengan ditopang oleh keaktifan teman-teman startup dalam ekosistem Startup4Industry,” ungkapnya.

    Untuk memudahkan masyarakat dan industri menemukan startup yang sesuai dengan pemasalahan dan kebutuhannya, Kemenperin telah merancang Supermarket startup “S4I Mart” yang dapat diakses melalui www.startupforindustry.id atau www.startup4Industry.id

    Berita Terkait

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Lewat PP No. 14/2024, Pemerintah Berikan THR dan Gaji ke-13 bagi ASN

    Pemberian THR dan gaji ke-13 ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada seluruh aparatur negara yang telah, sedang, dan ke depan akan te Selengkapnya

    Presiden Targetkan Pembangunan IKN Jadi Model Transformasi Bekerja dan Percepat Lahan Investasi

    Menyikapi percepatan lahan untuk investasi, Presiden memberikan arahan untuk memperjelas dan mempercepat status lahan, terutama dalam pembeb Selengkapnya

    Pemerintah Optimis Transformasi Digital Jangkau Hingga Pelosok Desa

    Selama ini layanan di Desa masih terpisah-pisah sehingga masyarakat belum sepenuhnya medapat kemudahan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA