FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 04-2022

    1302

    Kominfo Gelar Pelatihan TIK dan Pengenalan AI Bagi Tenaga Pendidik

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Manggarai Barat, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat menyelenggarakan Pelatihan Thematic Academy Digital Talent Scholarship (TA-DTS) bagi tenaga pendidik di Labuan Bajo Manggarai Barat.

    Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Hilarius Madin menyampaikan saat ini Pemerintah sangat gencar dalam percepatan penyiapan transformasi digital, diantaranya penyiapan SDM talent digital.

    "Kabupaten Manggarai Barat berterima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang sangat memperhatikan peningkatan SDM digital di Kabupaten ini. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa tahun 2021 yang lalu Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah menandatangani MoU terkait peningatan SDM digital bersama Kementerian Kominfo, dengan total dua puluh ribu SDM sampai dengan tahun 2024," ujarbta di elBajo Commodus Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (19/04/2022).

    Sekitar awal tahun 2022 Kementerian Kominfo telah melaksanakan pelatihan bagi UMKM, sebanyak 720 UMKM yang siap go digital. Kemudian saat ini diberi kesempatan untuk meningkatkan SDM digital sejumlah 150 orang melalui pelatihan TIK bagi pengelola pesantren, guru dan tenaga pendidik madrasah entrepreneurship dan pelatihan Artificial Intelligence (AI) bagi tenaga pendidik SD dan SMP.

    Sementara itu Kepala BBPSDMP Makassar Agung Harimurti menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kementerian Kominfo untuk mengembangkan program pembangunan SDM di seluruh lapisan masyarakat, agar memiliki pengetahuan di bidang TIK yang cukup memadai.

    Dijelaskannya, dalam target pelatihan ini diharapkan keterampilan TIK para peserta nantinya akan meningkat menjadi lebih baik, agar bisa mendukung percepatan transformasi digital secara nasional di Indonesia. Kabupaten Manggarai Barat merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam target percepatan transformasi digital.

    "Dari sisi pengembangan SDM, selama tahun 2022 ini kami telah menyelenggarakan berbagai jenis ragam pelatihan, setidaknya sekitar 870 orang di Kab. Manggarai Barat telah diberikan pelatihan dengan tema serta sasaran pelatihan yang beragam," jelasnya

    Ia berharap semoga ke depannya akan lebih banyak lagi yang dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kapabilitas masyarkat di Kab.Manggarai Barat.

    "Kepada para peserta yang hadir mengikuti Pelatihan ini, baik yang ada disini maupun yang ada di MAN, saya ucapkan selamat menjalani pelatihan dalam beberapa hari ini, serap ilmu sebaik-baiknya insyaAllah bermanfaat bagi banyak orang kelak," ungkapnya.

    Pelatihan Thematic Academy dalam program Digital Talent Scholarship itu diselenggarakan Balai Besar Pengembangan SDM Makassar Badan Penelitian dan Pengembangan SDM. Acara pelatihan dibuka  Staf Khusus Menteri Kominfo bidang Komunikasi Politik  J. H. Philip Gobang secara virtual dari Jakarta.Pelatihan TA di diselenggarakan secara paralel dengan tema “Pengenalan Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan untuk Tenaga Pendidik SD dan SMP” sejumlah 50 tenaga pendidik dari tanggal 18 s.d. 21 April 2022 di Politeknik elBajo Commodus Labuan Bajo.

    Kemudian paralel, berlangsung  “Pelatihan dasar bidang TIK Bagi Pengelola Pesantren, Penyuluh Agama, Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah” yang diikuti 100 tenaga pendidik dari tanggal 18 s.d. 22 April 2022 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Manggarai Barat.

    Berita Terkait

    Kominfo Tuntaskan Gangguan SFR BTS Telkom Ngada

    Tim Balmon SFR Kelas I Kupang menonaktifkan perangat telekomunikasi yang beroperasi tidak sesuai dengan parameter teknis yang ditetapkan dal Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA