FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 04-2022

    1040

    Wapres: Majukan Keuangan Syariah Lewat Transformasi Digital

    Kategori Berita Pemerintahan | adhi004

    Jakarta Pusat, Kominfo – Pemerintah terus berkomitmen memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Namun, ekosistem yang harus dibangun tidak sederhana. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengemukakan, sektor keuangan syariah Indonesia dituntut menghadirkan transformasi digital secara cepat dan efektif untuk memperkuat posisinya di pasar syariah domestik dan global.

    “Utamanya sektor keuangan syariah sebagai penggerak ekosistem dituntut lebih efisien dan terdepan dalam inovasi,” paparnya saat menyampaikan sambutan kunci dalam Indonesia Sharia Finance Awards 2022 secara daring, di Jakarta Pusat, Kamis (21/04/2022).

    Menurut Wapres, transformasi digital tersebut juga harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang kian mengandalkan transaksi non-tunai dalam aktivitas ekonominya.

    “Digitalisasi keuangan syariah harus diarahkan untuk menjawab tantangan ini, mulai dari sektor perbankan, pembayaran, investasi, pembiayaan, hingga asuransi syariah,” pesan Wapres.

    Dalam acara bertajuk “The Future of Indonesia’s Sharia Economy” tersebut, Wapres menekankan sinergi dan kolaborasi perlu terus diperluas, termasuk peningkatan peran pelaku sektor keuangan syariah sebagai penggerak ekosistem, mulai dari peran perbankan syariah, industri keuangan non-bank, pasar modal syariah, lembaga keuangan mikro syariah, hingga sektor keuangan sosial syariah.

    “Saya kerap menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi yang harus terus diperluas dengan melibatkan lintas sektor dan pemangku kepentingan, mengingat ekosistem yang kita kembangkan pun cukup kompleks,” tegasnya.  

    Sebelum menutup sambutannya, Wapres mengajak segenap pelaku keuangan syariah tetap menjalankan prinsip-prinsip kesesuaian syariah dalam usaha, mengutamakan pelayanan konsumen, serta meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusianya.

    “Semoga penyelenggaraan acara ini membawa manfaat dan berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Pendiri dam Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad menyebutkan, Indonesia Sharia Finance Awards 2022 diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang telah mendorong kemajuan industri keuangan syariah di tanah air.

    “Kami memberikan penghargaan kali ini, Indonesia Sharia Finance Award, dengan melihat bagaimana masa depan Indonesia dengan ekonomi syariah,” ucap Fadel.

    “Warta Ekonomi mengadakan serentetan riset dan akhirnya kita menemukan beberapa perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan prestasi yang sangat baik, yang menunjukkan suatu usaha yang sangat bagus, dalam bidang ekonomi syariah,” jelasnya.

    Hadir pula dalam kesempatan tersebut, CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan dan Direktur Bisnis Warta Ekonomi Edy NurmansyahSementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi.

    Berita Terkait

    Bertemu Tony Blair, Presiden Bahas Investasi Energi dan Percepatan Transformasi Digital

    Dalam keterangannya selepas pertemuan, Menteri Investasi menyebut bahwa pertemuan bersama Tony Blair menghasilkan beberapa kesepakatan penti Selengkapnya

    Wapres Laksanakan Salat Idulfitri 1445 H di Masjid Istiqlal

    Presiden dan Wapres tampak menunaikan salat Tahiyatul Masjid dan turut mengumandangkan takbir bersama jemaah lainnya. Selengkapnya

    Diakui Dunia, Wapres Tekankan Manfaat Ekonomi Syariah Berdampak Nyata ke Masyarakat

    Pemerintah bersama seluruh elemen bangsa mempunyai tugas besar untuk melanjutkan pembangunan kesejahteraan yang berdampak nyata bagi masyara Selengkapnya

    Wapres Harapkan Media Terus Bantu Pemerintah Jaga Kondusivitas Situasi Pascapemilu

    Situasi pasca-Pemilu 2024 relatif lebih sejuk jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu yang diwarnai banyak demonstrasi khususnya saat pela Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA