FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 04-2022

    1452

    Kemendag Buka Beasiswa Pendidikan bagi 55 Mahasiswa Baru Akmet

    Kategori Berita Pemerintahan | srii003

    Bandung Barat, Kominfo - Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet) Kementerian Perdagangan membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan Program Studi D-III Metrologi dan Instrumentasi (non-ikatan dinas).

    Perguruan tinggi naungan Kementerian Perdagangan tersebut akan menerima 55 mahasiswa baru dan membuka kesempatan bagi calon mahasiswa yang mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia untuk mendaftar melalui jalur kerjasama.

    Program penerimaan mahasiswa baru (PMB) ini memberikan beasiswa biaya pendidikan selama 6 (enam) semester kepada 55 mahasiswa baru. Artinya, mahasiswa Akmet dibebaskan dari uang pendaftaran, uang pangkal,dan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP),” ujar Direktur Akademi Metrologi dan Instrumentasi Vera Firmansyah di Bandung Barat, Senin (25/04/2020).

    Jalur kerjasama terdiri dari duajenis, yaitudengan tes dan undangan. Jalur kerjasama dengan tes diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan dengan mengikuti serangkaian tes sebagai faktor penentu kelulusan seleksi PMB. Sementara itu, jalur kerjasama dengan undangan diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/MA/SMK dari daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) yang berasal dari 62 kabupaten yang mendapat rekomendasi dari dinas yang membidangi perdagangan. Kategori daerah 3T sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024. Pendaftar pada jalur undangan hanya mengikuti psikotes dan wawancara sebagai faktor penentu kelulusan seleksi PMB.

    Vera mengungkapkan, Akmet mengusung misi menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk mencetak sumber daya manusia yang profesional dan mampu mengikuti perkembangan mutakhir di bidang metrologi dan instrumentasi. Dengan moral dan integritas tinggi, program ini mendidik para mahasiswa untuk mampu menerapkan pengetahuan kemetrologian, memecahkan persoalan dalam praktek-praktek kemetrologian, memanfaatkan teknologi dalam menunjang tugas-tugas kemetrologian, serta mampu mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas-tugas kemetrologian.

    Selain diajarkan ilmu metrologi, mahasiswa juga dibekali dengan ilmu instrumentasi sehingga memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi dengan kemajuan alat ukur. Akmet diharapkan menjadi faktor kunci dalam upaya peningkatan daya saing dan martabat bangsa Indonesia,” terang Vera

    Menurut Vera pendaftaran Akmet telah dibuka 29 Maret s.d. 23 Mei 2022. Seleksi administrasi akan dilangsungkan pada 2430 Mei 2022. Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada 31 Mei 2022mendatangdan dapat diakses di situs web http://akmet.kemendag.go.id,” ungkapnya.

    Pendaftaran diawali dari membuat akun di laman resmi Akmet dan menerima email konfirmasi pendaftaran. Selanjutnya, pendaftar login di laman resmi Akmet dan mulaimengunggah berkas pendaftaran, mengisi formulir pra-wawancara, dan menunggu munculnya notifikasi Registrasi Selesai”.

    Adapun lulusan Akmet telah banyak terserap di Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan dan unit metrologi legal (UML) daerah, seperti Kota Tangerang, Kabupaten Karawang, Kota Depok, Kabupaten Jepara, Kota Malang, Kabupaten Landak, Kabupaten Musi Banyuasin, Kota Batu, Kabupaten Purwakarta, DKI Jakartadan UML lainnya.

     

    Berita Terkait

    Indonesia Jajaki Peningkatan Kerja Sama Transformasi Digital dengan Australia

    Menteri Anas juga mengusulkan dua hal yang dapat ditempuh sebagai penguatan kolaborasi Indonesia-Australia. Selengkapnya

    Presiden Apresiasi Peran GP Ansor Sebarkan Nilai Moderasi Beragama

    Kepala Negara juga menekankan persatuan dan keutuhan bangsa harus ditempatkan di atas segalanya. Selengkapnya

    Buka Vokasifest, Presiden: Pendidikan untuk Kebutuhan Masa Kini dan Masa Depan

    Presiden mendorong dunia pendidikan untuk terus berinovasi serta mengembangkan talenta-talenta muda Indonesia. Selengkapnya

    Wapres Dorong Akselerasi Revitalisasi Pendidikan Vokasi

    Wapres mengatakan dibutuhkan adanya optimalisasi terhadap kebijakan pelatihan vokasi, seperti akses pelatihan keterampilan, infrastruktur, d Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA