FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 07-2015

    2081

    Kejahatan Internet: BPPT Siapkan Pembangunan Goverment Certification Authority

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    Kejahatan Internet: BPPT Siapkan Pembangunan Goverment Certification AuthorityBisnis.com, JAKARTA -- Pelanggaran hukum dalam transaksi elektronik di dunia maya merupakan fenomena yang mengkhawatirkan, mengingat berbagai tindakan transactional crime yang memanfaatkan informasi sebagai tool telah menjadi bagian dari aktivitas pelaku kejahatan internet.

     

    Semakin tingginya frekuensi transaksi elektronik di lingkungan pemerintah menuntut adanya sistem pengamanan transaksi yang sistematis dan terstruktur.

     

    Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan kepastian transaksi adalah dengan membangun Goverment Certification Authority (GovCA), yaitu sebuah lembaga atau otoritas yang akan mengotentikasi pihak yang akan bertransaksi khususnya di pemerintahan.

     

    "Saat ini di Indonesia belum ada lembaga atau otoritas resmi penyedia sertifikat elektronik sehingga dapat memenuhi aspek kerahasiaan, otentitas, integritas,dan nir-sangkal," papar Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Michael Purwoadi, saat ditemui Bisnis.com di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (30/7/2015).

     

    Menurut Michael, belum adanya instansi pengelola Goverment CA ini membuka peluang bagi BPPT untuk ambil bagian dalam pengelolaan sertifikat elektronik.

     

    "Tahun 2015 ini usaha pertama yang kami lakukan adalah menganalisa SWOT seluruh aspek keamanan penyelenggaraan transaksi elektronik seperti kebijakan, kelembagaan, SDM, infrastruktur dan aplikasi," ungkapnya.

     

    Michael juga menambahkan bahwa pengenalan kekuatan yang dimiliki akan membantu BPPT untuk tetap mampu mempertahankan kepercayaan yang diemban. Sedangkan penilaian yang jujur terhadap kelemahan yang ada akan memberikan bobot realisme pada rencana kerja yang akan dibuat.

     

    "Harapannya akhir tahun 2015 ini prototype GovCA sudah siap diluncurkan. Prototype ini didukung oleh infrastruktur berbasis ISO 27001 dan sistem manajemen mutu ISO 9001," tuturnya.

     

    Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20150730/105/457741/kejahatan-internet-bppt-siapkan-pembangunan-goverment-certification-authority

    Berita Terkait

    Kemenkominfo Pastikan Akses Internet Lancar di Posko Pengungsian Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok

    Kemenkominfo melalui Badan Layanan Umum (BLU) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengirimkan bantuan pemasangan jaring Selengkapnya

    Minimalkan Pemalsuan Dokumen, Kominfo Sertifikasi Tanda Tangan Digital

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meresmikan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) pa Selengkapnya

    Kominfo Siapkan 50 Ribu Beasiswa Bersertifikat Google

    Jumlah penerima Digital Talent Scholarship (DTS) akan bertambah di 2020. Kementerian Komuniasi dan Informasi (Kominfo) menyediakan sebanyak Selengkapnya

    Kala Internet Membangun dan Menyatukan Bangsa

    Adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang terus membangun infrastruktur di kawasan perdesaan, perbatasan, serta mening Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA