FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2015

    3088

    Menkominfo: Ego Sektoral adalah Musuh Bersama

    Kategori Sorotan Media | sorotan.media

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyosialisasikan Instruksi Presiden No 9/2015 tentang Pengelolaan Informasi Publik kepada para humas kementerian/lembaga di Jakarta, Selasa (25/8).

    Menteri Rudiantara mengatakan, selama ini ada sejumlah masalah terkait komunikasi publik pemerintah. Di antaranya belum padunya antarkementerian/lembaga dalam berkomunikasi kepada publik dan masih adanya ego sektoral.

    Hasilnya, menurut dia, berdasarkan masukan beberapa pihak terjadi sejumlah perbedaan pernyataan antarpejabat yang mengakibatkan informasi menjadi simpang siur.

    Selain itu, ujar dia, masih banyak program pemerintah yang belum terkomunikasikan dengan baik kepada publik, sehingga masyarakat kurang mengetahui berbagai keberhasilan yang telah diraih.

    Untuk itu, Inpres no 9/2015 tersebut merupakan upaya untuk memeperbaiki komunikasi publik pemerintah agar lebih efektif.
    Menteri menegaskan agar dalam melaksanakan tugas untuk melakukan komunikasi publik, tidak lagi berjalan sendiri-sendiri. "Ego sektoral ini adalah musuh bersama kita," katanya.

    Seperti diberitakan, Inpres No 9/2015 tentang pengelolaan publik di Presiden Joko Widodo pada 25 Juni 2015. Inpres tersebut, menurut laman Sekretariat Kabinet, menunjang keberhasilan Kabinet Kerja, menyerap aspirasi, dan mempercepat penyampaian informasi tentang kebijakan dan program pemerintah,

    Sementara itu, menkominfo dalam kesempatan itu juga menyatakan adanya dinamika dalam masyarakat terutama seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi perlu disongsong dengan baik.

    Kemampuan teknis para humas di kementerian/lembaga perlu ditingkatkan seiring semakin cepatnya informasi yang beredar.
    Informasi yang dikomunikasikan kini tidak lagi hanya melalui media massa konvensional, seperti media cetak dan elektronik. Namun kini juga terdapat banyak media online dan berkembang pesat media sosial yang harus disikapi secara bijak.

    Untuk itu, Menkominfo berharap agar semua humas kementerian/lembaga memiliki akun di media sosial, dan aktif untuk berpartisipasi dan berkomunikasi sehingga informasi pemerintah kepada publik dapat berjalan lebih efektif dan tepat.

     

    Sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/08/25/ntn5qc284-menkominfo-ego-sektoral-adalah-musuh-bersama

     

    Ditampilkan sejak tanggal: 25/8/2015

    Berita Terkait

    Menkominfo Apresiasi Kinerja Pelaku Industri Public Relations

    Tantangan dunia public relations (PR) sejalan dengan kondisi yang terjadi di berbagai sektor. Adanya pandemi virus corona atau Covid-19, men Selengkapnya

    Menkominfo apresiasi kerja jurnalis saat pandemi

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate menyampaikan apresiasinya kepada para jurnalis yang tetap bekerja selama pandemi Selengkapnya

    Kominfo: Ada 686 Hoaks Soal Corona, Banyak Tersebar di WA

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Widodo Muktiyo mengatakan setidaknya ada 686 k Selengkapnya

    Pesan Kemenkominfo untuk Industri PR Hadapi Pandemi

    Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Widodo Muktiyo mengemukakan beberapa hal yang perlu Selengkapnya