FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 09-2015

    9366

    Kemkominfo Tengah Siapkan Aturan Registrasi IMEI Ponsel

    Kategori Berita Kominfo | andr010

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah menyiapkan aturan registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI). Aturan registrasi IMEI telepon selular (Ponsel) ini direncanakan diberlakukan pada 2017 mendatang.
    Menurut Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika (SPPI) Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo Bambang Suseno, aturan ini untuk menekan beredarnya ponsel illegal dan juga akan menekan beredarnya perdagangan ponsel curian.
    Jadi, kalau ada ponsel hilang, tinggal lapor. Nanti ponsel hilang, akan dideteksi IMEI-nya dan diblokir. Jadi ponselnya sudah nggak berfungsi lagi, kata Bambang di Jakarta, Rabu (9/9).
    Menurut Bambang, nantinya, aturan ini juga menjamin tidak akan ada nomor IMEI ganda pada suatu perangkat. "Double IMEI sudah nggak akan ada di perangkat 4G, sebab itu sudah langsung dari global sana. Hal ini menjawab kekhawatiran, IME ganda yang saat ini banyak ditemui di pasaran," ujarnya. Bambang menambahkan, dampak dari aturan tersebut, pengguna yang membeli ponsel pintar dari luar negeri dan perangkat tersebut yang IMEI-nya tak terdaftar, maka ponsel tersebut tidak bisa digunakan di Tanah Air. "Nantinya nomor IMEI akan diverifikasi oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian," imbuhnya. Bambang meyakini, aturan tersebut di sisi lain juga mendorong industri ponsel dan perangkat mobile di dalam negeri makin berkembang.
    Jika nanti aturan resgistrasi IMEI itu sudah diberlakukan, jangan berharap lagi akan ada produk impor ponsel ilegal alias black market, pungkas Bambang (Aak).

    Berita Terkait

    Menkominfo: Presidensi G20 Indonesia Harus Berkesan dan Beri Memori Indah

    Menkominfo menyampaikan dalam beberapa pertemuan persiapan Digital Economy Working Group dan Forum Tematik Bakohumas yang lalu, telah mengin Selengkapnya

    Kominfo Siapkan Tiga Agenda DEWG dalam Presidensi G20 2022

    Ketiga agenda itu menurut Menteri Johnny menjadi isu bahasan dalam Digital Economy Working Grup sesuai dengan tema Presidensi G20 Indonesia Selengkapnya

    Akselerasi Cetak Talenta Digital, Kominfo Perkuat Sinergitas di Kalsel

    Kementerian Komunikasi dan Informatika melibatkan pemerintah daerah untuk mengakselerasi pengembangan sumberdaya manusia melalui Program Dig Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Dubes Portugal

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA