Raih Peluang di Tengah Persaingan
Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, upaya mendorong e-commerce bertahan dan berkembang semakin dibutuhkan agar Indonesia mampu mendominasi perdagangan di antara sesama negara ASEAN. Potensinya yang luar biasa membuat pemerintah berani menargetkan bisnis melalui e-commerce mampu mencapai US$130 Miliar pada tahun 2020, sebuah visi yang cukup berani untuk digapai dalam waktu singkat.
Untuk itulah, pemerintah, melalui Menteri Komunikasi dan Informatika kini tengah merancang roadmap dalam bentuk rancangan peraturan pemerintah yang melingkupi usaha e-commerce bisa rampung sebelum 2016, yang diklasifikasikan dalam tiga kategori, yaitu Usaha Kecil Menengah, perusahaan e-commerce yang sudah mapan, dan startup yang bergerak di bidang teknologi. Roadmap tersebut mencakup pendanaan dan investasi, logistik, perpajakan, infrastruktur TIK, dan perlindungan konsumen.
“Setiap ada permasalahan, di situ timbul peluang,”Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika.
Sumber: Situs Unpad http://www.unpad.ac.id/2015/08/menkominfo-potensi-e-commerce-terus-meningkat-pemerintah-siapkan-roadmap-kolaborasi-8-kementerian/