FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 08-2016

    3409

    Kominfo Gelar Bimtek Pengelola Media Center Daerah

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Batam, Kominfo - Direktorat Pengelolaan Media Publik Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo menggelar bimbingan teknis jurnalistik online di era digital untuk petugas pengelola media center daerah.

    Direktur Pengelolaan Media Publik Sunaryo mengatakan bimtek kali ini berbeda secara teknis. Pada bimbingan teknis sebelumnya, hampir tak pernah diadakan praktik lapangan.

    "Pada bimtek kali ini peserta akan mengikuti praktik mulai dari peliputan hingga penulisan berita.Nanti peserta diminta untuk membuat materi sesuai tugas yang dibagi untuk tiap kelompok, kemampuan ini akan dapat diasah bila mereka di lapangan," katanya saat membuka Bimtek, di Batam, Kamis (25/8/2016).

    Sunaryo mengatakan Kementerian Kominfo sudah membangun 225 media center di seluruh Indonesia. Pada 2007-2010, ada 115 media center yang dibangun. Kemudian berturut-turut 15, 20, 20, 25, dan 30 media center pada 2011-2015.Tahun ini, sedang disiapkan 25 media center.

    Direktur Pengelolaan Media Publik mengungkapkan dari 225 media center yang telah terbentuk, hingga Juli 2016, kontribusi berita yang masuk ke portal info publik.id hanya berasal dari 130 media center. "Dari 130 MC tersebut terdapat 95 media center atau 42% media center daerah yang tidak aktif," ungkap Sunaryo.

    Menurutnya, Media Center Badan Kominfo Kota Batam menjadi yang terbanyak mengirim informasi ke infopublik.id dari wilayah barat ."Hal itu disebabkan kelengkapan peralatan dan SDM yang terlatih," katanya.

    Kepala Badan Kominfo Kota Batam Salim mengatakan Badan Kominfo Batam berkomitmen memberi informasi guna ikut serta dalam menyukseskan pembangunan. Kegiatan bimtek itu dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2016 di Batam Centre.

    Ketua pelaksana Bimtek Nurlaili mengatakan tujuan utama bimtek itu ialah meningkatkan kemampuan petugas media center dalam penulisan berita teks dan foto untuk media daring, serta meningkatkan kemampuan petugas media center daerah untuk menyajikan tulisan secara efektif dan efisien.

    "Peserta yang diundang dalam kegiatan bimtek ini berasal dari 60 daerah yang aktif mengirimkan berita, baik teks maupun foto ke portal info publik," katanya.(YDR).

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA