FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 08-2016

    3150

    Gemakan Keberagaman Jelang Hari Bhakti Postel 2016

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Sejarah bangsa Indonesia tak lepas dari keragaman, bagi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara keberagaman merupakan keniscayaan.  ”Saya mengambil  contoh keberagaman dimana pada 1 Juni 1945 Bung Karno menghadiri Dokuritsu Junbi Cosakai (BPUPKI). Pada saat itu, Bung Karno bertanya yang mau kita merdekakan itu siapa? Apakah hanya seseorang, kaum agamis, nasionalis atau apakah merdeka itu untuk semuanya? Kemerdekaan adalah untuk semuanya,”  kisahnya pada kegiatan Menkominfo Cup IX Tahun 2016 sempena Hari Bhakti Postel 2016, di Jakarta, Sabtu (27/8/2016).

    Menteri Rudiantara melanjutkan kisah mengenai keragaman dan bagaimana kaitannya dengan pertandingan olahraga dalam rangkaian Hari Bhakti Postel 2016. “Kemudian Bung Karno juga menyebutkan pada Pidato Kemerdekaan, biarlah kenanga, cempaka, kelasi, semua itu bisa tumbuh di tamansari dan saya harapkan tamansari ini adalah kita semua ini, masing- masing tumbuh tapi tumbuh di tamansari. Keberagaman juga berarti pertandingan yang memiliki sportifitas,” ujarnya.

    Menkominfo menekankan pertandingan olahraga baru bisa berjalan kalau ada dua tim, ada wasit, penonton dan juga dukungan media. “Namun hal yang penting dalam ekosistem yang sering kita lupakan ada wasit, wasit yang berkualitas adalah yang tidak memihak dan memiliki sportifitas,” tandas Rudiantara seraya mencontohkan seorang wasit terbaik di dunia yaitu Pierluigi Collina. Wasit itu dahulunya pemain bola yang kemudian menjadi wasit. Collina senantiasa bersikap netral di setiap pertandingan, meskipun pada saat itu yang bertanding adalah tim negara asalnya, Italia.

    Di bagian akhir sambutannya, Rudiantara mengharapkan even ini dapat menambahkan keakraban dan industri lebih terbuka serta berterima kasih kepada seluruh panitia. Menkominfo juga melakukan seremoni tendangan ke gawang atau kick off yang dijaga Dirut PT Telkom Alex J. Sinaga sebagai tanda dimulainya Menkominfo Cup IX 2016.

    Menkominfo selanjutnya bergabung dengan Tim Kemkominfo untuk melakukan pertandingan eksibisi melawan Tim Operator Telekomunikasi yang dimenangi Tim Kementerian Kominfo. Tim  Kementerian Kominfo sudah memenangi pertandingan tiga kali berturut-turut, sementara pemenang tahun lalu adalah Tower Utama Grup.

    Even Menkominfo Cup IX 2016 digelar sebagai salah satu rangkaian Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi ke-71. Turut menyampaikan sambutan yakni Ketua Pelaksana Harian Hari Bhakti Postel 2016 Dirut Indosat yang diwakili Deva Rahmat, dan Ketua Panitia Penyelenggara Setya Gunawan, serta Ketua Umum ATSI Merza Fachys.(dps)

     

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Situasi Politik dan Keamanan saat Pemilu 2024 Akan Lebih Kondusif

    Lebih baik dari Pemilu 2019 katrena tidak banyak muncul kampanye yang mengusung politik identitas. Selengkapnya

    Mahfud MD Ajak Bos Media Lawan Serangan Fajar Pemilu 2024

    Serangan fajar sudah dipakai untuk istilah politik uang transaksional, dimana orang membayar agar seseorang memilih calon yang diinginkan pe Selengkapnya

    Tingkatkan Kecakapan Nelayan dan ABK Lewat Bimtek SOR

    Komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi pengguna frekuensi lain dari kemungkinan terjadi interferen Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA