FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 08-2016

    5004

    HUT ke-54, TVRI Siaran Digital di 29 Ibukota Provinsi

    Kategori Berita Kominfo | patr001

    Jakarta, Kominfo - Pada Hari Ulang Tahun ke-54 Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang jatuh pada 24 Agustus 2016, TVRI resmi menyajikan konten siaran digital untuk 29 ibukota provinsi di Indonesia. Persemian itu ditandai dengan penekanan tombol oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam siaran langsung dari Studio TVRI Senayan, Jakarta, Minggu (28/08/2016) sore.

    Seusai mengunjungi pameran digital yang digelar sebagai rangkaian  HUT  ke-54 TVRI, Menkominfo Rudiantara meluncurkan TVRI Go Digital secara resmi. "Selain menjadi LPP Lembaga Penyiaran Publik, TVRI perlu menjadi TV digital pertama di Indonesia juga. Sejak berdiri tahun 1962, TVRI disamping sebagai LPP Lembaga Penyiaran Publik, penting juga untuknya menjadi pioner dalam Televisi Digital." kata Rudiantara sambutannya Peluncuran TVRI Digital.

    Rudiantara juga melakukan dialog melalui teleconference dengan beberapa perwakilan stasiun TVRI lokal dan memberikan saran demi kemajuan televisi pertama di Indonesia ini. "Beralihnya TV analog ke digital juga menuntut kemampuan reality. Jadi, manfaatkan siaran digital ini untuk menonjolkan karakter budaya daerah melalui reality warna-warna khas daerah," ujarnya.

    Dalam siaran langsung bertajuk "Memasuki Era Penyiaran Digital", Menkominfo menyatakan agar TVRI bisa dapat banyak kerjasama dengan stakeholder di daerah dalam pengembangan konten-konten siaran. "Siaran digital ini adalah teknologi baru. Semua stakeholder harus memastikan agar teknologi ini bisa berjalan dan berlangsung dengan bagus dan perlunya cek dan ricek yang terus-menerus," katanya.

    Rudiantara menyebutkan dari sisi legislasi memang Undang-Undang saat ini belum bisa memenuhi proses digitalisasi tersebut namun ia menambahkan bahwa bersama DPR, Kementerian Kominfo akan segera bisa menyelesaikan UU-nya. "Ini harus paralel karena di satu sisi undang-undang bisa mengadopsi, di sisi lain masyarakat mendapat confidence untuk menggunakan siaran digital ini," tambahnya.(ABPP)

    Berita Terkait

    Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Labuan Bajo

    Menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam b Selengkapnya

    ESCAP Dukung Inisiatif Kecakapan dan Literasi Digital DEWG G20 Indonesia

    Inisiatif Indonesia tersebut mendapat dukungan dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific/ESCAP atau Komisi Selengkapnya

    Migrasi Siaran ke TV Digital Buka Peluang Sektor Kreatif

    Banyak manfaat dari program ASO, salah satunya membuka peluang kerja sektor kreatif. Selengkapnya

    Kembangkan Prangko Digital, Kominfo Jaring Masukan Ekosistem Pos

    Menurut Plt. Dirjen Ismail, kehadiran prangko digital akan memiliki banyak manfaat. Menurutnya digitalisasi akan bisa memperbaiki business p Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA