FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 09-2016

    4393

    PCTA 2016, Mantapkan Generasi Muda Hadapi Kemajuan TI

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Jakarta, Kominfo - Kementerian Pertahanan menggelar Lomba Parade Cinta Tanah Air Tingkat Pusat (PCTA) Tahun 2016. "Kegiatan ini diharapkan, karakter kebangsaan, cinta tanah air serta semangat patriotisme untuk generasi muda Indonesia akan semakin tertanam," kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu saat membuka Lomba PCTA di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

    Bertema "Memantapkan Sikap Generasi Muda Dalam Menghadapi Kemajuan Informasi dan Teknologi", kegiatan yang berlangsung 5 s.d. 9 September 2016 itu, diikuti perwakilan mahasiswa/mahasiswi, dan pelajar SLTA dari seluruh Indonesia. Kegiatan itu, menurut Menhan merupakan sarana sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter kepada generasi muda Indonesia sebagai harapan bangsa untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

    "Untuk mampu membawa bangsa Indonesia bersaing dalam percaturan global, maka diperlukan sumberdaya manusia yang handal, memiliki pengetahuan dan menguasai teknologi dan informasi," jelas Menhan.

    Namun hal, menurut Ryamizard, upaya tersebut tidak akan berhasil apa-apa tanpa adanya semangat juang dan rasa kebangsaan serta patriotisme yang tinggi. “Nilai-nilai luhur tersebut menjadi pedoman untuk menjadi bangsa yang unggul baik dalam ilmu pengatahuan maupun dalam penerapan nilai-nilai dan etika peradaban”, tambah Menhan.

    Kementerian Pertahanan membuka partisipasi aktif generasi muda Indonesia untuk mengikuti kegiatan Lomba PCTA. Dalam kegiatan itu, peserta akan memperdalam pengetahuan tentang wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air serta menumbuhkan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

    Menhan Ryamizard menjelaskan, kegiatan Lomba PCTA juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari upaya bela negara. “Bela negara bukan hanya melalui kegiatan–kegiatan perjuangan fisik dengan senjata. Kegiatan mengasah kemampuan melalui lomba seperti ini juga merupakan salah satu upaya kegiatan bela negara”, jelas Menhan.

    Lomba PCTA 2016 telah dilaksanakan rutin setiap tahun sejak 2012 oleh Kemhan dengan materi yang dilombakan antara lain keterampilan dan diskusi.  Untuk lomba diskusi antar Perguruan Tinggi dan SLTA sederajat diikuti  34 tim dari 34 provinsi di Indonesia. Selain kegiatan lomba, para peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan ceramah pengetahuan bela negara dan melakukan kunjungan wisata bela negara ke satuan TNI, Monumen Nasional (Monas), Istana Negara Bogor serta bertatap muka dengan Menhan Rymizard Ryacudu di Kantor Kemhan Jakarta.

    Melalui penyelenggaraan kegiatan Lomba PCTA tersebut, juga telah dibentuk Ikatan Alumni PCTA di setiap Provinsi sebagai kader bela negara di lingkungan pendidikan yang dibina oleh Kemhan dan didukung oleh Pemda. Pelibatan partisipasi aktif elemen masyarakat dari generasi muda Indonesia seperti itu merupakan salah satu bentuk upaya Kemhan dalam mengatasi dan menangkal ancaman nonmiliter yang kian nyata dalam pertahanan negara saat ini. (YDR)

    Berita Terkait

    Kolaborasi untuk Akselerasi Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

    Visi Indonesia Emas 2045 tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, dimana Indonesia perlu mengubah pende Selengkapnya

    Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 H

    Selain aspek infrastruktur moda transportasi, sarana prasarana pelabuhan dan jalan, pemerintah juga menyediakan sarana prasarana kesehatan d Selengkapnya

    Pemerintah Siapkan Desa Wisata Topang Pembangunan di IKN

    Sektor pariwisata di IKN mempunya prospek cerah untuk terus berkembang karena turut ditopang oleh daerah-daerah sekitar yang telah mapan sep Selengkapnya

    Pos Bloc Jadi Ruang Generasi Muda Surabaya Asah Kreativitas

    Tidak hanya sebagai ruang kreatif, Pos Bloc Surabaya juga menjadi destinasi wisata sejarah karena gedung ini merupakan cagar budaya peningga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA