FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 09-2016

    3344

    Penguatan dan Penyelarasan Pelayanan PPID

    Kategori Berita Kominfo | daon001

    Bandung, Kominfo - Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan penguatan dan penyelarasan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui simpul PPID di Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung, Kamis (15/09/2016).
     
    Kepala Sub Bidang Pemberitaan Biro Humas, Daoni Diani Hutabarat mengatakan kegiatan itu dilaksanakan untuk menyelaraskan layanan informasi yang cepat, tepat dan sederhana kepada publik. "Sebagai badan publik kita perlu menyelaraskan dan melakukan kesepakatan pada setiap UPT di daerah agar dapat memberikan informasi yang benar melalui PPID," jelas Daoni.

    Menurut Daoni, sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, setiap orang berhak memperoleh informasi publik sesuai dengan ketentuan dan Badan Publik wajib memberikan informasi kepada pemohon informasi selain informasi yang dikecualikan dengan ketentuan. "Sedangkan di BP2KI bandung ini layanan PPID belum berjalan dengan baik sehingga dipandang perlu mengetahui cara kerja petugas pelayanan PPID agar dapat memberikan informasi yang benar dan tidak menyimpang kepada publik," paparnya.

    Kepala Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Bandung, Parulian Sitompul menilai penguatan dan penyelarasan pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi melalui simpul PPID ini dinilai penting agar setiap pegawai UPT di daerah mengetahui bagaimana cara atau prosedur pengolahan informasi dan bagaimana informasi itu perlu disebarkan kepada publik.

    "Harapan kami kegiatan inu perlu ditingkatkan, kalau perlu tidak hanya sebatas sosialisasi saja tetapi perlu ada workshop dan penerapan yang terus menerus. Perlu juga dilakukan pengkajian atau evaluasi sehingga diketahui apakah kegiatan seperti ini memberikan output yang signifikan atau tidak," jelas Parulian.

    Kegiatan itu dihadiri oleh pegawai dari Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) dan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Bandung. (RPS)

    Berita Terkait

    Kedatangan Pengungsi Rohingya Menangkan Paslon Tertentu? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari cekfakta.tempo.co, narasi mengenai gelombang kedatanga Selengkapnya

    Pengungsi di Pekanbaru Pindah ke Pulau Galang? Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim narasi dalam video tersebut salah. Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan Informasi Publik, Kominfo Gelar Bimtek PID

    Kominfo terus berusaha memfasilitasi dalam hal teknologi agar mendukung upaya peningkatan kualitas layanan informasi publik. Selengkapnya

    Dirjen PPI: Digitalisasi Penyiaran Peluang Lahirkan Konten Kreator Baru

    Digitalisasi penyiaran meningkatkan kualitas siaran yang diharapkan dapat mempertahankan kepemirsaan televisi di tengah pesatnya perkembanga Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA